Kamis, 28 Februari 2013

Diminati 318 Penderita Katarak" Di Serang, TNI-AD Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis

Serang, Pelita (Hal.10)

Sebagai salah satu wujud tanggung jawab sosial dan kepedu­lian terhadap sesama TNI khususnya TNI Angkatan Darat kem­bali menggelar Operasi Katarak di wilayah Kodam Ill/Siliwangi.

Pelaksanaan kali ini, digelar di Wilayah Teritorial Korem 054/ MY, Rabu (27/2), hingga 1 Maret 2013 di RS Kencana Serang Banten. Bahkan 1 Maret mendatang direncanakan akan lang­sung disaksikan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Pramono Edi Wibowo melalui Telekonferens bersama para pejabat jaja­ran Kodam III/Slw.

Komandan Korem 064/MY Kolonel Inf Joko Warsito, men­gatakan digelarnya bhakti sosial berupa operasi katarak secara gratis ini sangat ditunggu oleh masyarakat, mengingat prioritas­nya untuk warga yang tidak mampu. "Terbukti kegiatan opera­si katarak ini benar-benar sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi yang tidak mampu," katanya, di sela-sela acara.

Salah seorang warga usai operasi katarak mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya yang tak terhingga, khusus­nya kepada panitia.

"Saya sangat berterimakasih karena operasi katarak ini sudah" lama saya tunggu dan saya idam-idamkan mengingat mata saya sudah bisa melihat, apalagi saya orang tidak mampu, harapan saya setelah dioperasi mata saya bisa melihat kembali," kata Maryaman (59), warga Serang.

Staf Penerangan Korem 064/MY, Letda (Kowad) Fitri Astuti, menjelaskan jumlah total pasien Operasi Katarak kali ini seban­yak 318 orang, berasal dari seluruh wilayah Korem 064/MY yai­tu Serang, Pandeglang, Rangkas Bitung dan Cilegon.

"Namun pasien yang memenuhi persyaratan kesehatan dan berhak di operasi berjumlah 120 orang, kebanyakan bagi pasien yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan kesehatan dikare­nakan memiliki penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus," kata Letnan Fitri di sela-sela kegiatan.

Menurutnya, bhakti sosial ini merupakan kerjasama TNI Ang­katan Darat dengan PT Sido Muncul dan Badan Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Cikampek yang menerjunkan Tim Kesehat­an Mata berjumlah 12 orang, terdiri dari 9 tenaga medis dan 3 pendukung dengan koordinator dr Prastowo Nugroho Mha. (roy) Sumber Koran harian Pelita