Kamis, 14 Februari 2013

Indonesia-Spanyol Jalin Kerjasama Militer untuk Penanggulangan Bencana



Rabu, 13/02/2013 13:19 WIB

Jakarta - - Pemerintah Indonesia menjalin kerjasama dengan Spanyol dalam bidang militer. Kementerian Pertahanan kedua negara menandatangani pernjanjian dalam berbagai hal di bidang militer, salah satunya terkait penanggulangan bencana."Kami juga melakukan penandatanganan MoU kerjasama militer dalam penanggulangan bencana.Karena pada tahun 2004, Spanyol membantu kita saat terjadi tsunami di Aceh.Mereka jauh-jauh datang ke sini membantu," ujar Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Hadir mewakili pemerintah Spanyol adalah Menteri Pertahanan Pedro Morenes Eulate.Kedua negara menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bidang militer yang telah digagas sejak tahun 2007. Selain penanggulangan bencana, poin lain yang disepakati dalam MoU tersebut adalah kerjasama industri pesawat, seperti pembuatan pesawat jenis Cassa. "Ini memfasilitasi peningkatan hubungan pertahanan melalui kerja sama teknologi dan pengetahuan, promosi dan melakukan kegiatan pendekatan.Selain itu, juga kerjasama pada bidang sains dan teknologi berkaitan dengan akuisisi penggunaan sistem dan perangkat militer," ujar Purnomo.

Purnomo mengatakan melalui kerjasama militer ini, Pemerintah Indonesia ingin memperkokoh persaudaraan dan meningkatkan kemampuan pertahanan dalam bidang teknologi."Ini kerjasama yang penting sekali. Kami bisa belajar satu sama lain dalam operasi militer selain perang," pungkasnya. (fiq/rmd)
 
Muhammad Taufiqqurahman - detikNews