Selasa, 19 Februari 2013

Jenazah Feisal Tanjung Dimakamkan di TMP Kalibata

Senin, 18/02/2013 15:35 WIB
Jakarta - Jenderal TNI (Purn) Feisal Tanjung menghembuskan nafas terakhirnya hari ini. Mantan Panglima ABRI (kini TNI,red) itu telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

"Saya Wakil Presiden atas nama negara dan TNI dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa dan jasa almarhum.Atas nama negara dan pribadi saya sampaikan bela sungkawa," ujar Wapres Boediono yang memimpin upacara pemakaman di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (18/2/2013).Dalam upacara itu, Boediono bertindak sebagai inspektur upacara.

Boediono mengenang Feisal Tanjung saat bersama-sama duduk dalam struktur kabinet di masa pemerintahan BJ Habibie.Saat itu, Feisal Tanjung menjadi Menteri Politik Hukum dan keamanan (Polhukam)."Masa yang penuh tantangan yang kita lewati dengan baik," terang Boediono.

Boediono mengajak semua pihak dengan lapang dada agar dapat memaafkan kesalahan Feisal semasa hidupnya."Tentu sebagai manusia tidak luput kehilafan dan kealpaan.Saya mengajak semua untuk memaafkan," ujarnya.

Dalam karir militer, Feisal juga pernah menjadi prajurit yang terlibat dalam operasi Seroja di Timor Timur antara tahun 1975-1978. Sebagai kesatria Seroja, pria kelahiran Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara ini pernah memimpin Dewan Kehormatan Perwira (DKP) dalam mengusut kasus tragedi Santa Cruz di Timor Timur yang mengakibatkan 271 tewas, 382 luka, dan 250 lainnya menghilang.

Pada kesempatan itu, sahabat Feisal Tanjung yang juga politisi Golkar, Akbar Tandjung menyebut koleganya tersebut sebagai pahlawan."Dia saat itu terlibat dalam perebutan kantor RRI semasa perang dan dia yang mengangkat jasad-jasad perwira di lubang buaya saat G.30 S/PKI," terangnya.Dalam bidang politik, Feisal juga dikenal akitif di Golkar."Dia juga aktif di Golkar.Kami berdua sama-sama memiliki yayasan sosial," ucapnya.

Prosesi upacara pemakaman Alm Feisal Tanjung dimula pukul 14.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB.Upacara pemakaman berlangsung khidmat. Selain sanak keluarga, beberapa pejabat negara terlihat hadir di antaranya mantan Presiden RI BJ Habibie, mantan Wapres RI Try Sutrisno, Menlu Marty Natalegawa, Menpora Roy Suryo, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, dan Kapolri Jend Pol Timur Pradopo.

Jenderal yang dikenal dengan kumis tebalnya ini meninggal dunia di RS Siloam, Semanggi, Jakarta Pusat, sekitar pukul 06.25 WIB tadi pagi karena sakit. Selamat jalan, Jenderal!. Sumber : wwww.detiknews.com