Kamis, 28 Februari 2013

Kasad Perintahkan Dansat Asah Naluri Tempur

Jakarta, Pelita (Hal.17)

Kasad Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo memerintahkan kepada para Komandan Sat­uan (Dansat) agar mengasah kembali naluri tempur dan mempedomani prinsip-prinsip operasi dengan baik dan benar. "Saya perintahkan kepada para Dansat agar ikuti kembali prose­dur tetap (Protap) pengaman­an dalam penugasan di daerah rawan, sehingga setiap prajurit memiliki kesiapsiagaan dan ke­waspadaan".

Hal ini terkait gugurnya dela­pan Prajurit TNI AD di wilayah Papua baru-baru ini, dimana hanya berselang waktu satu jam saja, dua tempat yang ber­beda yaitu, wilayah Distrik Tinggi Nambut Kabupaten Puncak, dan Distrik Sinak Kabupaten Puncak Jaya Papua, terjadi aksi penem­bakan yang dilakukan oleh ke­lompok separatis bersenjata Or­ganisasi Papua Merdeka.'

Demikian amanat tertulis Kasad yang dibacakan Wakasad Letjen TNI Moeldoko dalam Upa­cara Pembukaan Apel Koman­dan Satuan TNI AD Terpusat Ta­hun 2013 dari tanggal 27 Feb­ruari hingga 1 Maret 2013 yang diikuti 307 orang, bertempat di Pussenif Kodiklat TNI AD, Ban­dung, Rabu (27/2).

Kasad mengatakan, Apel Dansat bertujuan untuk me­nyamakan visi dan persepsi para Dansat guna mengoptimal­kan pembinaan Satuan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD. Kegiatan Apel Dansat ini sekaligus sebagai upaya penguatan fungsi dan peran Komandan Satuan dalam merespon dan menyikapi tantangan tugas ke depan yang semakin dinamis dan kompleks.

Setelah Apel Dansat ini, Ka­sad mengharapkan pemaha­man para Dansat terhadap po­kok-pokok Kebijakan Pimpin­an TNI AD tahun 2013, yang ditandai dengan meningkat­nya profesionalitas Dansat me­lalui kepemimpinan lapangan yang dilandasi keunggulan etika dan moralitas. Para Dansat juga diharapkan mampu me­ngoptimalkan peran sebagai Komandan Satuan melalui sinergitas fungsi intelijen, operasi, pendidikan dan latihan dalam mendukung 'tugas pokok TNI AD.

Kasad menekankan kepa­da para Dansat agar mengopti­malkan pengawasan melekat (Waskat), konseling dan Jam Komandan (Jamdan) untuk mencegah timbulnya masalah-masalah di satuan.

"Tumbuhkan kepedulian dan kepekaan yang tinggi terhadap perkembangan prajurit di satu­an dan lingkungannya, sehingga dapat dilakukan upaya-upaya pencegahan terhadap tindakan prajurit yang merusak nama baik satuan dan citra TNI AD," pesan Kasad.

Apel Komandan Satuan TNI AD terpusat Tahun 2013 ini di­hadiri oleh Pangkostrad Letjen' TNI M Munir, Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Gatot Nurmantyo, para Asisten Kasad, dan para Pangkotama serta Kabalakpus TNI AD. (zis) Sumber: Koran Harian Pelita