Kamis, 28 Februari 2013

Kasad: Tingkatkan Profesionalitas Dansat Melalui Kepemimpinan Lapangan

Bandung, Pelita (Hal.12)

Wakil Kepala Staf Angka­tan Darat (Wakasad) Letjen; TNI Moeldoko membuka' Apel Komandan Satuan TNI Angkatan Darat Terpusat tahun 2013 di Pussenif Kodiklat TN AD Jalan WR Supratman N0. 60 Ban­dung, Rabu (27/2).

Apel Komandan Satuan diiku­ti oleh 324 peserta terdiri dari para Komandan Satuan TNI Angkatan Darat akan berlang­sung selama tiga hari mulai 27 Pebruari sampai 1 Maret 2013.

Kepala Staf Angkatan Da­rat (Kasad) dalam amanatnya yang dibacakan Wakasad men­gatakan penyelengaraan apel Komandan Satuan TNI Ang­katan Darat bertujuan untuk menyamakan visi dan persepsi para Komandan Satuan untuk mengoptimalkan pembinaan satuan dalam rangka mendu­kung tugas pokok TNI Angkatan Darat, sekaligus upaya penguatan fungsi dan peran para Dan­sat dalam merespon tantangan tugas ke depan yang semakin dinamis dan kompleks.

Kasad mengharapkan setelah kegiatan Apel Dansat tersebut akan terwujud pemahaman para Komandan Satuan ter­hadap pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI Angkatan Darat tahun 2013 yang ditandai de­ngan meningkatnya profesio­nalitas Komandan Saruan (Dansat) melalui kepemimpinan la­pangan yang dilandasi keung­gulan etika.

Lebih lanjut ditekankan agar Para Komandan Satuan juga mampu mengoptimalkan perannya sebagai Komandan Sa­tuan melalui sinergitas fungsi in­telijen, operasi, pendidikan dan latihan dalam rangka mendu­kung tugas pokok TNI Angkatan Darat. Kasad juga menekankan kepada para Komandan Satuan untuk mengoptimalkan pengawasan melekat (Waskat), penga­wasan dan pemeriksaan (Wasrik) dan jam komandan untuk mencegah timbulnya masalah-masalah di satuan. Tumbuh­kan pula kepedulian dan ke­pekaan yang tinggi terhadap perkembangan prajurit di satu­an dan lingkungannya, sehingga dapat melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap tindakan para prajurit yang bisa meru­sak nama baik satuan dan citra TNI Angkatan Darat secara keseluruhan.

Hadir pada acara tersebut Dankodiklat Letjen TNI Gatot Nurmantyo, Pangkostrad Letjen TNI M Munir, Irjenad, para Asisten Kasad, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja serta para pejabat jajaran TNI Angkatan Darat. (Pendam III/Slw) Sumber: Koran Harian Pelita