Jumat, 15 Februari 2013

Menko Kesra: Ekspedisi NKRI Buka Daerah Terisolir



Kamis, 14 Februari 2013 21:37 WIB
Makassar (ANTARA News) - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono mengatakan Ekspedisi Negara Kesatuan Rebublik Indonesia (NKRI) Koridor Sulawesi bertujuan membuka daerah yang terisolir. "Ekspedisi ini bertujuan membuka daerah yang terisolir, salah satunya dengan membangun jembatan dan posko kesehatan di daerah terpencil," katanya kepada Jurnalis usai membuka Ekspedisi NKRI di Balai Manunggal Makassar, Kamis.

Menurutnya, fasilitas yang dibangun pada ekspedisi ini akan dikembalikan ke masyarakat, setelah lebih dulu dilakukan riset oleh pemerintah dengan penemuan-penemuan, kemudian dilaporkan untuk ditindaklanjuti. "Tujuan kita melalui penjelajahan wilayah di Sulawesi ini, seperti penelitian dan komunikasi sosial, dimaksudkan untuk pemberdayaan masyakat demi kesejahteraan mereka sendiri yang berada di daerah terpencil," tuturnya.

Selain itu, dalam Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi yang menempatkan 9 posko di lima provisi di Sulawesi, kata dia, juga dilakukan penelitian potensi ekonomi dan penyelamatan flora dan fauna. "Salah satu penelitian flora dan fauna yang merupakan kewajiban pemerintah perlu dilestarikan seperti satwa baru dilakukan peneliti oleh para pakar yang ikut dalam ekspedisi itu," katanya

Tidak hanya itu, masalah pemeliharaan kesehatan masyarakat melalui Puskesmas akan diberdayakan dengan koordinasi dari kementerian kesehatan dilakukan secara profesional. "Termasuk potensi ekonomi masyarakatnya," tambah dia.

Sementara Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen TNI  Agus Sutomo mengatakan pihaknya akan melibatkan seluruh kesatuan TNI, Kepolisian, Pakar, Pramuka, Mahasiswa dan masyarakat dengan jumlah peserta 1.450 orang. "Ada sembilan titik posko yang akan ditempati dalam Ekspedisi NKRI yang melibatkan 1.450 orang dengan komposisi TNI AD, AL, AU, Polri, Pakar, Mahasiswa, Keperamukaan, dan masyarakat sipil," katanya.

Dalam acara sosialisasi Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi tampak hadir Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI M Nizam, Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu`mang dan sejumlah pejabat TNI dan Polri, Mahasiswa dan undangan lainnya. (KR-DF/D009) 
Editor: Ruslan Burhani