Jumat, 22 Februari 2013

Politikus Demokrat: Pengadilan HAM bakal libatkan TNI



Kamis, 21 Februari 2013 11:11:35
Wacana pembentukan Pengadilan HAM santer lagi didengungkan.Anggota Komisi I DPR Yahya Sacawiria mengatakan TNI bakal memiliki peran penting jika Pengadilan HAM terbentuk.

"Kalau pembentukan itu, semua (termasuk TNI) harus berperan dalam hal tersebut dan semua memberikan kontribusi dalam menyiapkan aturan hukum yang berlaku.Panglimanya adalah hukum, atau orang yang ada di dalam institusi hukum itu," kata Yahya saat dihubungi wartawan, Kamis (21/2).

Namun soal mekanismenya, politikus asal Demokrat itu belum dapat berkomentar lebih detail.Menurut dia, pembentukan Pengadilan HAM baiknya di tingkat pusat lebih dahulu.

"Ini kan baru.Apakah embrionya di tingkat pusat, kalau sudah berkembang bisa dibentuk di wilayah-wilayah.Saat ini di tingkat pusat saja, sampai ada infrastrukturnya lengkap hingga kabupaten dan dikendalikan oleh MA," terangnya.

Yahya berharap, Pengadilan HAM sebagai perangkat rambu supaya tidak menjadi kendaraan dan kepentingan politik."Karena kalau sudah jadi kepentingan politik, akan jadi bias.Maka tetap penegakan hukum menjadi acuan," tuturnya.

Sebelumnya, Pimpinan DPR telah membahas wacana pembentukan pengadilan HAM, dengan Menko Polhukam Joko Suyanto.Kini, keputusan pembentukan itu sepenuhnya berada di pemerintah. Sedangkan DPR, sepenuhnya mendukung dari belakang.

"Jadi memang betul ada permintaan dari Pak Menko Polhukam, dan kemarin resmi sudah diterima Ketua DPR termasuk saya, tentang beberapa hal.Tindak lanjutnya kita mempersilakan pemerintah, sejauh mana pemerintah mempersiapkan," kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (18/2). Sumber : www.merdeka.com