Jumat, 15 Februari 2013

Rl-Spanyol Sepakat Tingkatkan Kerjasama Pertahanan



Jakarta, Pelita (Hal 16)
Kementerian Pertahanan Indonesia dan Spa­nyol sepakat meningkatkan kerja sama bidang pertahanan. Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro, dan Menteri Pertahanan Spanyol, Pedro Morenes Eulate, melakukan pertemuan di Kantor Kementerian Pertahanan Jakarta untuk membahas peningkatan kerja sama pertahanan kedua negara pada Rabu.
"Kami(setuju untuk mem­perkuat kerja sama. MoU men­cakup atensi kedua negara un­tuk memfasilitasi peningkatan kerja sama yang telah dibangun sejak 2007," kata Purnomo.
Dia menjelaskan, kerja sama antara lain meliputi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan penggunaan sistem dan perangkat militer.
Menurut Purnomo, kedua negara juga siap memfasilitasi peningkatan hubungan dengan kawasan Asia Pasifik.
Selama ini, dia mengatakan, hubungan Indonesia dan Spa­nyol khususnya terjalin di bi­dang industri pesawat terbang, dalam produksi pesawat jenis Cassa untuk keperluan sipil dan militer.
Kerja sama antara kedua ne­gara selanjutnya diharapkan meluas ke bidang industri perka­palan. "Kami ingin menginten­sifkan (kerja sama) bidang in­dustri perkapalan Spanyol, Na-vantia untuk kerja sama dengan perusahaan kapal Indonesia," katanya, (zis)