Senin, 25 Februari 2013

Wakasad: Lembaga Pendidikan Memiliki Peran Sangat Strategis

Bandung, Harian Pelita (25-02-2013, Hal. 12)
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Moeldoko men­egaskan Lembaga Pendidikan me­miliki peran sangat strategis, kare­na lembaga pendidikan merupakan tempat penggemblengan agen peruba­han. Penegasan tersebut disampaikan Wakasad saat memberikah pengarah­an kepada 800 Guru Militer dan Pela­tih terdiri dari Perwira dan Bintara di Pusdikpom Kodiklat TNI AD Kota Ci­mahi, Sabtu (23/2).

"Lembaga pendidikan harus bisa menghasilkan lulusan yang berfikir kreatif dan selalu mengembangkan inovasi untuk mendukung perubahan Organisasi dan Tugas Pokok TNI AD", ujar Wakasad. Lebih lanjut diungkapkan Wakasad bahwa salah satu komponen pendidikan yang sangat menentukan keber­hasilan proses pendidikan adalah per­an Guru Militer San pelatih.

Menurut Wakasad, Guru Militer dan Pelatih yang baik harus memi­liki Karakter di antaranya Pengeta­huan (Knowledge Of The Subject, Kepribadian (Attitude), Kemampuan Memimpin (Leadership Ability), dan Memberikan Instruksi (Knowledge of Teaching Techniques) di samping as­pek-aspek tersebut, Wakasad juga menyampaikan Guru Militer dan Pelatih yang baik harus memiliki sifat penuh percaya diri, semangat, rajin, gaya dan cara bicara serta perilaku yang profesional.

Untuk dapat menunjang performa tersebut, Wakasad menekanan ke­pada para Guru Militer dan Pelatih agar menyiapkan referensi sebanyak mungkin dan selalu tampil perfect, menguasai dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengajar, melaksanakan tugas den­gan serius, penuh rasa tanggung jaw­ab dan disiplin, ikhlas, serta mening­katkan kualitas diri, mengembang­kan kreatifitas, sehingga dapat menempa sumber daya manusia praju­rit TNI AD yang baik, tangguh dan handal.

Acara ditutup dengan tanya ja­wab dilanjutkan penyerahan ser­tifikat kepada perwakilan peserta. Setelah memberikan pengarahan kepada para Guru Militer dan Pela­tih tersebut, Wakasad melaksanakan peninjauan lapangan tembak di Gu­nung Bohong Kota Cimahi. (Pendam III/Slw) Sumber: Harian Pelita