Jumat, 22 Maret 2013

Kasad: Saya Jamin Tidak Ada Kudeta

Jakarta,                Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, menyayangkan beredarnya isu tentang kudeta terhadap pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dia yakini tidak akan terjadi.

"Saya jamin tidak ada kudeta. Memang biasanya kudeta diang­gap disponsori oleh militer. Na­mun, dipastikan tak akan ter­jadi di tubuh TNI AD," kata Pra­mono di Mabes TNI AD, Jakarta, Kamis.
Ia mengaku telah menyam­paikan kepada seluruh juniornya di militer bahwa kude­ta merupakan jalan pengambila­lihan kekuasaan yang tidak baik dan bahwa pergantian kekuasaan harus dijalankan melalui demokrasi.

"Saya minta adik-adik saya junior untuk menjauhkan hal-hal seperti itu, tidak melakukan kudeta. Itu tidak baik, jangan. Ganti dengan cara yang smooth. Saya mengidamkan pergantian presiden seperti tentara, dihadiri semua, diucapkan anak buahn­ya. Itu kan indah," papar dia. "Saya juga minta bagi mere­ka yang tidak memegang sen­jata, janganlah mengembang­kan isu kudeta, jangan mem­beri cerita pada anak cucu kita dengan berita yang tidak baik," tambah dia.

Ketika ditanya tentang manu­ver para Purnawirawan Jende­ral soal kudeta, Pramono mengatakan seorang Kasad de­ngan empat bintang yang pu­nya jaring komando saja tak boleh melakukannya.

"Apalagi bagi yang sudah tak aktif. Saya bukan hendak mengecilkan para purnawi­rawan, yang Saya hormati," ujarnya.

Sebelumnya Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan para purnawi­rawan jenderal TNI menolak pemberhentian pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yud­hoyono di tengah jalan karena dinilai tidak konstitusional.

Kasad mengatakan, isu ku­deta bisa berdampak hingga ke perekonomian, karena berpo­tensi membuat penanam modal tahun melakukan investasi di Indonesia.

"Bayangkan yang mau inves­tasi ke Indonesia juga mulai takut. Sekitar 15.000 pegawai dan buruh di Jakarta bisa tak dapat gaji karena beberapa pe­rusahaan akan hengkang," tu­turnya. (zis), Sumber Koran: Harian Pelita (22 Maret 2013/Jumat, Hal. 17)