Jumat, 22 Maret 2013

Kodam I/BB dan Poldasu Latihan Perdana Pra Simulasi Penanganan Teror



22 Mar 2013 00:37 WIB

Sei Bingei, (Analisa). Kodam I/ Bukit Barisan bekerjasama dengan Polda Sumatera Utara (Poldasu) menggelar Latihan Perdana Pra Simulasi Penanganan Teror di Markas Batalyon Infanteri 100/Raider Desa Namo Sira-Sira Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat, Rabu (20/3).

Latihan dibuka Pangdam I/Bukit Barisan Mayjend TNI Lodewijk F Paulus dengan disaksikan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, Danyon Infanteri 100/Raider Mayor Inf Sapta Feriansyah, serta segenap jajaran perwira TNI dan Polri di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan dan Polda Sumatera Utara.
 
Kegiatan dilaksanakan dalam persiapan menjelang berlangsungnya simulasi penanganan aksi teror di Balai Kota Medan pada 6 April 2013 mendatang, diikuti 48 personil gabungan TNI dan Polri.

Masing-masing terdiri atas 28 prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 100/Raider Kodam I/Bukit Barisan dan 20 personil Polri dari Detasemen A dan B Brimobda Sumatera Utara.

Sesuai rencana, latihan dilaksanakan selama tiga hari terhitung sejak 20 hingga 22 Maret 2013, pada Kamis (21/3) latihan serupa juga akan digelar di Markas Detasemen A Brimobda Sumatera Utara Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Dataran Tinggi Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai.

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjend TNI Lodewijk F Paulus mengatakan, latihan ini merupakan bagian dari sinergitas dan kerjasama antara TNI dan Polri dalam mewujudkan situasi keamanan, kenyamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Melalui latihan itu, dia berharap agar kedua satuan dapat mengaplikasikan ilmu dan kemampuan yang dimiliki guna menjamin kondusifitas dan stabilitas keamanan di daerah, terutama dalam mengantisipasi kemungkinan terjadi konflik sosial yang dapat mengancam kekuatan pertahanan dan kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro juga menegaskan, komitmennya untuk meningkatkan sinergitas dan kerjasama dengan TNI dalam upaya penegakan hukum, serta antisipasi dan penanganan konflik maupun aksi terorisme di daerah.

Bahkan, di sela-sela kunjungannya, dia juga memberi bantuan berupa 100 sepeda, yang secara simbolis diserahkan kepada Danyon Infanteri 100/Raider Mayor Inf Sapta Feriansyah guna mendukung kelancaran tugas teritorial prjurit selama di lapangan.

Apel Dansat
Pangdam didampingi Kapolda membuka Apel Pembinaan Komandan Satuan (Dansat) di Lingkungan Kodam I/Bukit Barisan. Apel dilaksanakan selama tiga hari, sejak 20 hingga 22 Maret 2013 dan diikuti sekitar 180 perwira TNI yang berasal dari seluruh satuan, mulai tingkat koramil, batalyon, kodim hingga korem di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan.

Tujuannya, untuk meningkatkan semangat dan komitmen setiap komandan satuan dalam melaksanakan pembinaan satuan dengan lebih baik, guna mendukung kelancaran dan efekktifitas tugas teritorialnya. (wa) Sumber.www.analisadaily.com