Senin, 04 Maret 2013

Umar Syarief dan Indah Mogia Terbaik di Piala Kasad



BATAM-Karateka Inkanas Umar Syarief dan atlet Sumatra Utara Indah Mogia menjadi yang terbaik dalam kejuaraan karate Piala Kasad 2013 yang berlangsung. di GOR Tumenggung Abdul Jamal, Batam. Umar meraih gelar best of the best di kelompok putra, sedang­kan Indah di kelompok putri dalam final yang berlangsung Sabtu (2/3).

Best ofthe best merupakan no­mor khusus yang mempertemukan juara di setiap kelas. Umar yang menjuarai kumite putra +84 kg me­nang mutlak, 8-3, saat menghadapi juara kumite putra -67 kg Jintar Simanjuntak dari Sumatra Utara.

Sedangkan, Indah yang men­juara kumite putri-68kg memas­tikan menjadi yang terbaik setelah menang atas atlet DKI Jakarta Nurhadyanti Fitriningsih dengan skor 6-1. Nurhadyanti merupakan juara kumite putri -55kg.

"Saya sangat senang menang di best ofthe best ini, Ini sesuai dengan persiapan kami di pelatnas," kata Indah seusai bertanding. Indah mengaku, baru kali pertama meng­hadapi Nurhadyanti di pertarungan resmi. Namun, keduanya sudah sering berlatih tanding di pelatnas.

Adapun Umar tak merasakan suka cita berlebihan. "Biasa saja­lah. Tujuan saya tampil di sini yang utama untuk memotivasi para junior saya," kata dia.

Ketua Umum PB Forki Hendardji Soepandji mengatakan, re­generasi atlet karate cukup me­muaskan. Ia melihat, karateka ber­usia di bawah 21 tahun sudah memperlihatkan kemampuan de­ngan menembus final kejuaraan yang berlangsung mulai 28 Feb­ruari hingga 2 Maret ini, meskipun akhirnya kalah dari atlet pelatnas.

"Sudah sewajarnya atlet pelat­nas juara di Piala Kasad ini karena mereka benar-benar dipersiapkan menjelang SEA Games 2013 Myan­mar mendatang," kata dia.

Dari 40 atlet pelatnas karate sekarang, rencananya akan dici­utkan menjadi 33 nama. Hanya juara dan runner-up dari tiap kelas yang dipertandingkan' di Piala Kasad 2013 yang berhak menghuni pelatnas karate.
Pelatih pelatnas karate Omita Olga Ompi sebelumnya mengisya­ratkan, penyusutan akan dilakukan pada kategori kata (jurus). Apalagi, di SEA Sames Myanmar men­datang, dari 1-7 nomor yang dilom­bakan, hanya ada empat kategori kata, yakni perorangan putra dan putri, serta beregu putra dan putri.

Keberhasilan Umar menjadi juara best ofthe besc membuah na­manya kemungkinan akan kembali dipanggil. Omita mengatakan, In­donesia masih butuh Umar. Pada­hal, karateka berusia 36 tahun itu sudah menyatakan pensiun pada SEA Games 2011 lalu. antara ed: israr itah