Jumat, 26 April 2013

70 Pejabat Dihukum Baris-Berbaris

Bekasi, Akibat seorang lurah tidak becus menjadi komandan apel, Walikota Bekasi minta anggota Kodim 0507/BS Bekasi melatih 70 lurah, sekretaris camat (sekcam) dan camat se-Kota Bekasi. Latihan upacara menjadi tontonan sejumlah pegawai.

Hukuman itu dijalankan 56 lurah, 12 sekcam dan 12 camat, Kamis (18/4) selepas jam istirahat di plaza Pemkot Bekasi. Mereka di­ajari mulai dari dasar baris-berbaris semisal balik kan­an, hadap kanan, hormat, maju jalan langkap tegap bahkan gerakan istirahat di tempat.

Tak sedikit gerakan mereka menimbulkan gelak tawa. Soalnya, bukan Cuma postur yang tak tak seragam tetapi ada juga berperut buncit hingga kepayahan mengikuti instruksi pelatih. Belum lagi sejumlah terhukum gagal melaksankan gerakan dasar berbaris sesuai komando.

“Lucu, “ ujar Diani Aprijanti, pegawai. “Sudah jadi pegawai senior tapi gerakan sederhana banyak yang salah.”

Menurut Pelda Suwarno, pelatih dari Kodim 0507/BS Bekasi, ketidaksempurnaan gerakan saat latihan terjadi karena mereka tak biasa melakukannya. “Mungkin lupa karena jarang dilakukan di lingkungan tempat kerjanya,” katanya. Ia bersama dua tentara lain akan melatih lurah dan camat itu setiap hari.

LATIHAN DISIPLIN
Yayan Yuliana, Kasat Pol PP Kota Bekasi, mengata­kan hukuman dijatuhkan setelah Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, kecewa saat apel gabungan Senin (21/4). "Seorang lurah yang menjadi komandan upacara tak mengerti tata laksana upacara hingga apel berantakan,’ ungkapnya.

“Hukuman ini juga untuk belajar disiplin agar bisa disiplin di segala hal.” Walikota pun memerintahkan Kabag Bina Pemerintahan mengumpulkan pejabat wilayah untuk dilatih baris berbaris.

Rayendra Sukarmadji, Sekda Kota Bekasi, juga kecewa karena pejabat wilayah yang mestinya mampu memimpin apel malah tak tahu apa-apa. Padahal, upacara selalu dilakukan setiap senin dengan komandan upacara bergiliran. “Kalau memimpin apel saja tidak becus, bagaimana memimpin anak buah?” ujarnya. (yp/b), Sumber Koran: Pos Kota (26 April 2013/Jumat, Hal. 06)