Kamis, 11 April 2013

Berlagak Seperti TNI AD, Danramil Kerangkeng Mobil



Wednesday, 10 April 2013

DHARMASRAYA, METRO-Seorang laki-laki yang sehari-harinya berprofesi sebagai penambang emas, Reno Fernando (27), Selasa, (9/4) diamankan jajaran Koramil Pulau Punjung karena kendaraan yang dikendarainya sehari-hari mempergunakan plat nomor tiruan menyerupai lambang satuan Mabes TNI Angkatan Darat (AD).

Reno yang beralamat di Kubangpanjang, Pulau Punjung memakai BA 805 V, justru berlambangkan satuan TNI AD di bagian depan dan belakang mobil merek Ford Fiosto warna putih miliknya sejak beberapa hari ini. 

Reno dengan gagahnya memakai plat nomor kendaraan berlambang TNI berlalu lalang di sepanjang Jalan Dharmasraya sehingga banyak mengundang pertanyaan bagi masyarakat dan aparat, baik TNI maupun kepolisian.

Karena sudah banyak menerima laporan terkait  mobil Ford ini, Danramil Pulau Punjung Kapt INF M Yamin Lubis mendatangi Wisma Agung tempat mobil ini diparkirkan oleh pemiliknya. Karena diketahui pemilik mobil bernomor polisi TNI bukan dari kesatuan TNI, oleh Danramil mobil bersama pemiliknya digelandang ke kantor Danramil untuk dimintai keterangan.

Menurut Danramil Pulau Punjung, Kapt. Inf. M Yamin Lubis, mobil ini memang sudah beberapa hari kelihatan di Dharmasraya memakai plat nomor TNI. Awalnya menyangka yang mengendarai mobil Ford berwarna putih ini adalah tamu dari kesatuan TNI dari luar Dharmasraya. Namun setelah ditanyakan ternyata hanya masyarakat biasa (bukan dari TNI) karena itu dibawa ke kantor Danramil.

“Saya awalnya curiga dengan adanya laporan dari masyarakat dan polisi kalau ada mobil yang berlalu lalang memakai nopol TNI. Makanya kita cari tahu dan diketahuilah Reno pemilik mobil Ford bernopol TNI itu,” ujarnya.

Tidak saja itu, selain memakai nopol TNI, belakangan Reno juga diketahui membawa senjata jenis Air Soft Gun kaliber 4.5 MM di pinggangnya. Hal ini diketahui setelah Reno mengeluarkan identitasnya dari salah satu organisasi pemberi izin berjenis Air Soft Gun kepada salah seorang anggota Koramil.

Dikatakan Yamin Lubis, adanya temuan mobil senjata A ir Soft Gun, pihaknya sudah melaporkannya ke Kodim 0310 SSD dan Pasi Intel dari Dandim langsung turun ke lapangan guna membawa mobil bersama pemiliknya ke Kantor Dandim di Muaro Sijunjung untuk diproses lebih lanjut.

Reno saat diwawancarai wartawan menyebutkan, nomor  plat nomor kendaraannya yang berlambang Mabes TNI AD ini mengaku didapatnya dari salah seorang saudaranya di Jakarta dan baru dikirim beberapa hari yang lalu. Reno justru berdalih plat nomor itu dipakainya hanya untuk bangga-bangga dan keamanannya saja untuk perjalannya, karena dirinya akan berangkat besok pagi dengan keluarganya ke Solok Selatan menggunakan mobil Ford miliknya tersebut.

“Tidak ada maksud apa-apa pak saya memaki plat nomor itu, hanya untuk kebanggaan saja bagi saya karena mobil itu baru dua bulan saya beli,” tuturnya. Saat ditanyakan terkait senjata Air Soft Gun itu, Reno menjawab kalau senjata itu juga didapatnya dari salah seorang saudaranya di Jakarta yang berprofesi sebagai Brimob yang bertugas di Jakarta. Sumber : posmetropadang.com