Rabu, 17 April 2013

Danjen Kopassus Jamin Kasus Cebongan Tuntas



Komandan jenderal Koman­do Pasukan Khusus (Kopassus) TNI-AD Mayjen Agus Sutomo menjamin 11 anak buahnya yang terlibat insiden berdarah di LP Kelas IIB Cebongan, Sle­man, Yogyakarta, tidak akan lari dari hukum.

"Sekarang lagi proses hukum, kita harus hargai. Apa pun hu­kuman untuk anak buah saya, anak buah saya dengan kesa­tria akan menerimanya," ujar Agus seusai peringatan ulang tahun ke-61 Kopassus, di Balai Komando, Cijantung, Jakarta Timur, kemarin.

Menurut Agus, ke-11 anggo­ta Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan itu dihadapkan pa­da peradilan militer yang hu­kumannya lebih berat ketimbang KUHP peradilan umum. Proses hukum terhadap para pelaku merujuk pada Kitab Un­dang-Undang Hukum Pidana Militer (KUHPM).

LP Cebongan diserang 11 anggota Kopassus pada Sabtu (23/3) dini hari dan menewas­kan empat tersangka kasus pe­nusukan Sersan Satu Heru Santoso, mantan anggota Kopassus yang anggota Detasemen Inte­lijen Kodam IV/Diponegoro. Pa­ra tersangka itu yaitu Gameliel Yermiyanto Rohi Riwu, Adrianus Candra Galaja, Hendrik Angel Sahetapi alias Deki, dan Yohanesjuan Manbait.

Dalam peringatan HUT Ko­passus di Jakarta, kemarin, sejumlah tokoh nasional hadir, antara lain mantan Wapres Jusuf Kalla, mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto, dan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso.

Peringatan yang sama juga digelar di Markas Grup 2 Ko­passus Kandang Menjangan, Kartasura, Jawa Tengah, kemarin. Dukungan masyarakat ter­hadap Kopassus terkait dengan kasus Cebongan mewarnai perayaan tersebut. Sekitar 200 orang dari sejumlah elemen hadir untuk memberikan semangat bagi Kopassus.

Selain memberikan kado be­rupa tumpeng raksasa, massa dari sejumlah ormas seperti Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri, KNPI, SAR Darrul Islam, dan SAR UNS, juga artis Pong Harjatmo mengusung foto mantan prajurit Kopassus Sersan Satu Heru Santoso yang menjadi korban pengeroyokan preman di Hugo's Cafe, Sleman. Sejum­lah poster dukungan terhadap pemberantasan premanisme juga dipajang. (KG/WJ/X-9), Sumber Koran: Media Indonesia (17 April 2013/Rabu, Hal. 02)