Kamis, 25 April 2013

Helikopter Misterius di Bundaran HI Milik TNI AD



Penulis : Fabian Januarius Kuwado | Rabu, 24 April 2013 | 14:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah helikopter warna hitam yang terbang di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2013) petang, ternyata milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

"Kemungkinan helikopter Itu milik Skuadron 21 TNI Angkatan Darat yang ada di Pondok Cabe," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigadir Jenderal TNI Rujman Ahmad kepada Kompas.com, Rabu (24/4/2013).

Berdasarkan koordinasinya dengan Komandan Skuadron 21 tersebut, helikopter tersebut tengah menjalani latihan rutin, yakni setiap hari Selasa. Dalam latihan tersebut, helikopter kerap dihadapkan dalam berbagai situasi, baik di daerah terbuka maupun di tengah-tengah kota.

Tak membahayakan

Dikonfirmasi terpisah, Komandan Lapangan Udara Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI Adang Supriyadi membenarkan helikopter tersebut milik TNI AD. Ia mengatakan bahwa helikopter tersebut terbang pada ketinggian normal dan tidak membahayakan warga di sekitar kawasan tersebut. "Tidak (bahaya) sama sekali. Kalau membahayakan kan kita pasti antisipasi," ujar Adang.

Menurut Adang, helikopter bersama pilotnya harus menjalani latihan dalam segala kondisi. Salah satunya jika menghadapi bencana di tengah kota, yakni melakukan penanganan medis bagi masyarakat atau prajurit yang terluka.

Helikopter berwarna hitam pekat itu tampak berputar-putar di kawasan Bundaran HI sekitar pukul 18.30 WIB. Helikopter tersebut terbang dengan ketinggian hampir sama dengan Tugu Selamat Datang dan menjadi tontonan warga di lokasi tersebut.