Kamis, 04 April 2013

Investigasi TNI di LP Cebongan Hanya 165 menit



Rabu, 03 April 2013, 17:07 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Investigasi yang dilakukan oleh tim sembilan Mabes TNI AD di Lembaga Pemasyarakatan (LP) II B Cebongan, Mlati, Sleman hanya berlangsung sekitar 165 menit. Sedangkan hasilnya, hingga kini masih dirahasiakan.

Kepala LP Cebongan Sukamto mengatakan, tim tersebut tampak tidak sedang melakukan penyelidikan, karena tidak melangsungkan olah TKP.

Menurutnya, rombongan itu hanya berdiskusi soal kronologis kejadian dari beberapa orang yang terlibat langsung pada peristiwa tersebut."Itupun tidak lama," kata Sukamto, Rabu (3/4).

Dia menjelaskan, tim sembilan juga sempat mendatangi ruang tahanan 5A blok Anggrek. Di sana, mereka hanya sedikit mengajukan pertanyaan terhadap para tahanan yang merupakan saksi mata kejadian sambil mengamati situasi.

Sukamto menyatakan, tidak tahu banyak soal investigasi tersebut. Sebab, selain waktunya yang cukup singkat,  pihaknya  tidak mengikuti jalannya pemeriksaan dengan intensif. Alasanya, secara bersamaan Kakanwil Kemenkumham, Rusdianto mendatangi LP.

"Namun kalo memang tim masih perlu datang, kami akan selalu siap menerima," ujarnya Kunjungan tim ke LP Cebongan sekitar pukul 13.45 WIB dan selesai 15.30 WIB. Sukamto juga menjelaskan, tim sembilan juga tidak melakukan pemberitahuan serta konfirmasi atas kedatangannya sebelum berkunjung.