Rabu, 03 April 2013

Kodam I/BB Siap Dukung Operasional BPBD Sumut



03 Apr 2013 02:03 WIB

Medan, (Analisa). Irdam I/BB Kolonel Czi Adi. S menerima audiensi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara, Dr. H. Asren Nasution, MA bersama anggotanya ke Kodam I/BB Jalan Binjai Km 7,8, Selasa (2/4).

Selain berterimakasih dan bangga atas penerimaan para pejabat utama Kodam I/BB, Asren Nasution juga sangat mengapresiasi kesiapan Kodam I/BB dalam mendukung tugas-tugas BPBD Provinsi Sumut dalam penanggulangan bencana. Apalagi, pihaknya selama inni telah banyak belajar dari pengalaman-pengalaman Kodam I/BB dan jajarannya dalam penanggulan bencana.

“Kita sangat mengapresiasi kesiapan Kodam I/BB dalam mendukung tugas-tugas BPBD Provinsi Sumatera Utara dalam penanggulangan bencana. Kami tentu banyak belajar dengan pengalaman-pengalaman Kodam I/BB dan jajarannya dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Wilayah Sumbagut”, kata H. Asren Nasution.

Dalam dialog yang sangat akrab antara pejabat Kodam/BB dengan pejabat BPBD dan dipandu Irdam I/BB Kolonel CZI Adi.S tersebut, terjadi sharing pengalaman antara Kodam I/BB dengan BPBD Sumut. Antara lain, kesepakatan sinergitas penyelenggaraan penanggulangan bencana antara TNI-POLRI dengan BPBD akan terus ditingkatkan. Sinergitas ini akan melibatkan berbagai komponen anak bangsa lainnya, termasuk lembaga maupun instansi vertikal lainnya.

Sampai saat ini, tambah mantan Kapendam I/BB tersebut, pihaknya sudah mendata lebih 3.000 relawan yang selama ini terlibat aktif dalam penanggulangan bencana. Ke depan BPBD Provinsi Sumut akan memprogramkan peningkatan kapasitas para relawan melalui pelatihan, seminar, dan workshop, sehingga kompetensi relawan dapat ditingkatkan.

Selain itu, tegas H. Asren Nasution, pihaknya juga akan terus melakukan penggalangan terhadap lembaga-lembaga usaha untuk berperan serta dalam kegiatan kemanusian ini. Provinsi Sumatera Utara pada Tahun Anggaran 2013 mendapatkan kesempatan menerima dukungan BNPB, lokasi bantuan program Masterplan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Tsunami untuk 6 Kabupaten/Kota di Wilayah Pantai Barat, yaitu, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, Kabupaten Nias , dan Kabupaten Nias Selatan

Program Masterplan PRB Tsunami tersebut berupa penguatan rantai peringatan dini, pembangunan dan peningkatan tempat evakuasi sementara, penguatan kapasitas kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana, dan pembangunan kemandirian industri instrumentasi kebencanaan.

Selain program tersebut, kata Asren Nasution, BNPB melalui Deputi Bidang Logistik dan Perlatan juga telah menyerahkan bantuan peralatan khusus untuk pengembangan dan peningkatan peralatan penanggulangan bencana kepada BPBD Provinsi Sumut berupa 7 tenda posko kedaruratan, 1 mobil evakuasi dan logistik, dan 1 unit mobil komunikasi satelit untuk digunakan pada operasional penanggulangan bencana di wilayah Sumut.

Gubsu H. Gatot Pudjo Nugroho, tambah Asren Nasution, juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setingginya kepada Kepala BNPB Dr. Syamsul Ma’arif, M.Si yang sudah banyak memberikan perhatian dan dukungan sarana prasarana logistik untuk penanggulangan bencana di Sumatera Utara.