Jumat, 26 April 2013

Kodam Masih Tertutup Hasil Pemeriksaan Cebongan



Kamis, 25 April 2013 | 18:34 WIB

TEMPO.CO, Semarang  - Komando Daerah Militer IV Diponegoro masih menutupi hasil pemeriksaan terhadap 11 anggota Kopassus Kandang Menjangan, pelaku pembunuhan di Lembaga Pemasyarakatan Cebongan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Padahal, pemeriksaan sudah berlangsung dua pekan.

Kepala Penerangan Kodam IV Diponegoro Kolonel Infantri Widodo Raharjo ketika dihubungi mengatakan hasil penyidikan Cebongan belum dapat dibuka kepada publik karena tim masih menuntaskan proses penyidikan. "Jika sudah selesai, pasti akan diumumkan," kata Widodo kepada Tempo, Kamis, 25 April 2013. Widodo menambahkan, tim penyidik bertindak hati-hati dan teliti dalam melakukan penyidikan. "Lebih baik diumumkan setelah final, jangan setengah-setengah."

Oleh karena itu, kata dia, tim penyidik menolak memberitahukan pasal apa saja yang disangkakan kepada 11 pelaku. Dari informasi yang diperoleh Tempo, proses penyidikan kasus Cebongan dilakukan di dua tempat yang terpisah, yakni di Markas Polisi Militer Kodam IV Diponegoro di Kalibanteng, Semarang, dan di Detasemen Polisi Militer IV/5 Jalan Pemuda, Semarang.

Pada kedua tempat ini, Tempo tidak diperkenankan menemui penyidik. "Maaf, ini perintah atasan," kata seorang petugas jaga di Markas Polisi Militer Kalibanteng, Letnan Dua D Purnama. Penyidikan kasus ini melibatkan 38 orang yang menyidik 57 saksi, termasuk 11 pelaku, 31 penghuni LP Cebongan, dan sejumlah saksi lain.