Rabu, 24 April 2013

KSAD biasanya mantan Pangdam Siliwangi



Selasa, 23 April 2013 13:18 WIB | 1551 Views

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) biasanya pernah menjabat Panglima Kodam Siliwangi. "Kalau dilihat sejarahnya, yang pernah menjabat Pangdam Siliwingi menjadi KSAD selanjutnya dan akan menjadi Panglima TNI," kata Mahfudz di Jakarta, Selasa.

Meski begitu siapa yang akan menjadi KSAD adalah hak prerogeratif Presiden, kata dia, seraya meneruskan, "Tapi konsensinya gilirin AD." Menurut politis PKS ini, KSAD yang sekarang aktif akan pensiun Agustus 2013.

"Tapi dua bulan sebelum pensiun, harus sudah ada pengajuan dari TNI ke DPR RI karena DPR RI akan mempersiapkan jadwal uji kepatutan dan kelayakan," katanya. Ia berharap calon KSAD itu terbebas dari kepentingan politik.

"Pengganti KSAD nanti diharapkan orang bisa menjalani tugas negara dan bangsa ini. Tidak disusupi oleh kepentingan politik. TNI sudah dewasa dan matang," kata Mahfudz. Saat ini ada dua calon kuat menjabat KSAD berikutnya, yaitu mantan Pangdam Siliwangi Letjen Moeldoko dan Letjen Langgeng Sulistyono.