Senin, 15 April 2013

Mega Jelaskan Alasan Tak Memilih Rustri Jadi Cagub Jateng



Minggu, 14/04/2013 13:18 WIB
Rustri vs PDIP
Mega Jelaskan Alasan Tak Memilih Rustri Jadi Cagub Jateng

Solo, - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akhirnya angkat bicara soal isu membuang Rustriningsih.Mega menjelaskan alasan dia lebih memilih Ganjar Pranowo ketimbang Rustriningsih menjadi cagub Jateng.Dalam sambutannya di deklarasi Ganjar-Pranowo menjadi cagub Jateng di Stadion Manahan, Solo, Minggu (14/4/2013), Mega menampik memilih Ganjar-Heru sebagai cagub dan cawagub karena faktor kedekatan.Namun Mega menghendaki orang yang yang memang ingin mengabdikan dirinya ke partai.

Mega juga seolah menampik tudingan Rustriningsih yang menyebut ada cagub yang tidak dikehendaki massa di bawah. Menurut Mega, sebelum memilih Ganjar-Heru, dirinya sudah mendengarkan aspirasi kader dan bertanya langsung ke ke bawah, sejauh mana tokoh tersebut sering turun ke basis dan seperti apa kontribusinya."Kondisi lima tahun lalu ketika kita memilh Pak Bibit dan Rustri sudah berbeda sekali dengan sekarang," jelas Mega.Mega pun ingin menjawab keraguan orang terhadap Ganjar Pranowo. Mega ingin menunjuk kader yang memang loyal kepada partai.

"Jadi kalau ada yang ragu dan menanyakan, saat ini saya katakan bahwa sebagai ketua umum saya tegaskan Pak Bibit (sekarang) datang dari Partai Demokrat.Ini harus diberitahukan, jangan ada yang sembunyi-sembunyi.Pak Bibit itu saya dulu yang bawa lho.Tapi sekarang milik orang.Mau apa reaksinya nanti terserah," lanjut Mega.Dalam pidato tersbut Megawati juga mengingatkan kepada TNI untuk bersikap netral dalam Pilkada Jateng.Hal tersebut karena dia mengaku sudah menerima laporan bahwa ada calon tertentu yang menggunakan TNI untuk mempengaruhi pilihan warga di Jateng.

"Babinsa jangan mau disuruh-suruh.Anda bagian dari rakyat yang digaji rakyat.Jangan lagi menakut-nakuti rakyat seperti zaman Orba.Ketika saya menjadi Presiden dan ketua umum partai, saya tidak pernah memanfaatkan militer untuk kekuasaan," tegasnya.Acara tersebut dihadiri para fungsionaris dan sejumlah tokoh PDI Perjuangan. Diantaranya Sekjen Tjahjo Kumolo, Puan Maharani, M Prakoso, Joko Widodo, dan 29 kepala daerah dan wakil kepala daerah di Jateng yang berasal dari PDI Perjuangan. Rustriningsih, yang masih menjadi kader PDI Perjuangan, tidak nampak dalam acara itu meskipun dia diundang.