Senin, 15 April 2013

Nelayan, TNI dan Polri Ikut Bantu Evakuasi Penumpang Lion Air



Sabtu, 13/04/2013 21:38 WIB
Nelayan, TNI dan Polri Ikut Bantu Evakuasi Penumpang Lion Air
Gede Suardana - detikNews

Jakarta - Sebanyak 101 penumpang dan 7 kru berhasil dievakuasi dari pesawat Lion Air yang jatuh di laut Bali.Proses evakuasi itu dilakukan oleh beberapa pihak termasuk Polri, TNI dan nelayan."Kita baru saja mengevakuasi dan memberikan pertolongan setelah kecelakaan pesawat Lion Air di TKP bersama TNI, Basarnas, dan warga sekitar juga nelayan," kata Kapolda Bali Irjen Arif Wahyunadi dalam jumpa pers di Base Ops Lanud Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu (13/4/2013).Menurutnya, pesawat dan kru yang berhasil diselamatkan berjumlah 108 orang, 39 Di antaranya adalah perempuan, 7 pramugari serta pilot dan co-pilot.

"Penyebabnya apa, serahkan pada pihak berwenang. Benturan akan diselidiki oleh lembaga berwenang," ungkapnya.Sebelumnya, salah seorang saksi mata Amir, menuturkan bahwa ia melihat pesawat Lion Air Boeing 737 800 NG itu mendarat keras di runway Bandara Ngurah Rai sebelum akhirnya menukik dengan cepat ke laut."Terdengar bunyi bukk! Lalu pesawat terus lurus kencang dan berhenti di laut," kata saksi mata Amir.

Amir saat itu baru turun dari pesawat yang mendarat lebih dahulu di Bandara Ngurah Rai. Amir terbang dari Jakarta. "Cuaca memang gelap dan hujan.Pesawat menukik dengan cepat, lalu mendarat keras di bandara," jelasnya.Saat itu pukul 15.35 Wita.Para penumpang di bandara yang ingin melihat kejadian itu dilarang petugas bandara.

Mereka diminta masuk ke dalam."Nggak lama datang petugas yang melakukan pertolongan," lanjutnya.