Jumat, 26 April 2013

Operasi Teritorial TNI di Urut Sewu Ditutup



25 April 2013 | 22:40 wib

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Operasi Teritorial (Opster) yang dilaksanakan oleh Kodam IV Diponegoro membuktikan bahwa TNI telah berbuat banyak bagi negara. Selain menjaga pertahanan dan keamanan negara, TNI juga aktif berpartisipasi dalam pembangunan daerah demi kesejahteraan rakyat.

Demikian disampaikan oleh Kepala Bakorwil Wilayah II, Drs Budiyanto Eko Purwono MSi saat menyampaikan amanat tertulis Gubernur Jateng H Bibit Waluyo dalam upacara penutupan Opster Kodam IV/Diponegoro di wilayah Urut Sewu, Kebumen, Kamis (25/4). Upacara penutupan yang berlangsung di lapangan Manunggal TNI-Rakyat Kecamatan Ambal itu, dihadiri oleh Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Adi Widjaya.

Hadir pula Asisten Teritorial (Aster) Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Arh Nuruddin Tanthawijaya, Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Dany Rakca Andalasawan SAP, Kapolres Kebumen AKBP Heru Trisasono SIK MSi, serta sejumlah pejabat Pemkab Kebumen. Usai upacara penutupan dilanjutkan pemberian bantuan kepada sekolah sepak bola dan penanaman pohon. Acara juga dimeriahkan bazar pasar rakyat dengan harga murah bagi warga sekitar.

Lebih lanjut Budiyanto Eko Purwono menyampaikan, opster merupakan kegiatan sosial TNI untuk memberi pemahaman serta pencerahan pada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat tidak terpengaruh provokasi yang tidak bertanggungjawab, serta mendorong pembangunan daerah agar berjalan dengan lebih baik.

Sementara itu, opster berlangsung sejak 31 Januari hingga 25 April 2013. Kegiatan fisik antara lain pembangunan lapangan dan GOR Manunggal TNI-Rakyat, pembangunan TPQ dua unit, rehab rumah tidak layak huni 13 unit, perbaikan mushola dua unit yakni mushola Al Ikhlas Desa Ambalresmi dan mushola Al Istiqoma Desa Brecong serta membangun jalan makadam ke cagar budaya.

Sedangkan kegiatan non fisik, seperti meningkatkan forum komunikasi antara ulama, tokoh masyarakat, dan kepala desa. Selain itu penyuluhan dan sosialisasi hukum, serta pemberian bantuan untuk sarana ibadah, pendidikan agama, dan olahraga.