Jumat, 26 April 2013

Pangdam IM Pimpin Pantukhir Secata PK TNI-AD



Jumat, 26 Apr 2013 01:24 WIB

Banda Aceh, (Analisa). Pangdam Iskandar Muda (IM), Mayjen TNI Zahari Siregar didampingi Kasdam Brigjen TNI Suhastir Susmex memimpin pantukhir penerimaan Secata PK TNI-AD tahun 2013 di Balai Teuku Umar (BTU) Makodam IM, Kamis (25/4).

Pangdam menyampaikan kepada seluruh panitia agar seleksi penerimaan dapat dilakukan sangat selektif dikarenakan tidak hanya mencari kuantitas, tetapi juga kualitas calon Prajurit TNI-AD. Sidang pantukhir ini merupakan bagian akhir dari rangkaian seleksi penerimaan calon tamtama PK TNI-AD Gelombang I tahun 2013.

Untuk itu, diperlukan kecermatan dalam pelaksanaannya karena dari kegiatan ini dapat mencermati tingkat kecakapan, penampilan, kepandaian ilmu pengetahuan, kepribadian, tanggap tanggon dan trengginasnya seorang calon sebagai kriteria pilihan utama dari panitia dalam merekrut prajurit TNI-AD yang berkualitas.

Di kemudian hari, lanjut Pangdam, diharapkan tidak ditemukan lagi prajurit yang desersi maupun sakit berat sehingga tidak dapat melanjutkan pendidikan serta melaksanakan tugas dengan baik, diakibatkan oleh proses seleksi yang kurang optimal.

Oleh karena itu, panitia diminta dapat meneliti dan mengadakan peninjauan secara obyektif tentang hasil-hasil penyaringan yang telah dilaksanakan baik secara administrasi, fisik maupun lahirian para calon siswa secata sehingga sasaran yang akan dicapai sesuai dengan harapan bersama.

Setelah mengikuti rangkaian seleksi mulai dari pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, uji kesamaptaan jasmani, pemeriksaan mental ideologi dan pemeriksaan psikologi sampai dengan pantukhir ini, jumlah calon tamtama sebanyak 316 orang yang berasal dari Panda Banda Aceh, Sub Panda Lhokseumawe dan Sub Panda Meulaboh. Yang terpilih nanti akan mengikuti pendidikan Secata PK tahun 2013 dengan jumlah 270 orang.

Rencana pembukaan pendidkan dasar dilaksanakan pada 29 April 2013 di Rindam IM, pendidikan yang akan dilaksanakan nantinya selama 5 bulan dan dilanjutkan pendidikan dengan kejuruan di Pusat Pendidikan masing-masing sesuai kecabangan.

Turut hadir dalam kegiatan pantukhir antara lain Asintel, Asops, Aspers Kasdam IM Kajendam IM, Kajasdam IM, Kakesdam IM, Wairdam, Wadanridam dan para panitia Pantukhir.