Kamis, 18 April 2013

Program dan Kegiatan TNI Harus Konsisten



Kamis, 18 Apr 2013 01:33 WIB

Medan, (Analisa).Secara umum iklim kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara telah berjalan dinamis, aman dan stabil seiring kemajuan ekonomi, sosial dan keamanan. Ini merupakan cerminan dari hasil pembangunan nasional yang tengah dilaksanakan.

Dalam kaitan tersebut, setiap program dan kegiatan TNI, yang tertuang dalam rencana strategis dan dipertajam oleh Pokok-Pokok Kebijakan Panglima TNI Tahun 2013, harus dijaga konsistensinya dalam menciptakan stabilitas politik dan keamanan. Baik dalam lingkup daerah maupun nasional.

Demikian dikatakan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE dalam amanatnya dibacakan Kasrem 022/PT Letkol Arm Anton Irianto Popang, SH Kasrem 022/PT Letkol Arm Anton Irianto Popang, SH selaku Irup Upacara Tujuh Belasan Bulan April 2013 di Lapangan Upacara Makorem 022/PT, Rabu(17/4).

Tugas TNI ke depan, tambah Panglima TNI, yang dapat dipastikan penuh dengan dinamika, yang menuntut pengerahan segala kapasitas, kapabilitas, dan intelektualitas, dihadapkan kepada perkembangan keamanan regional serta perkembangan militer yang telah berubah dramatis saat ini.

Beberapa peristiwa sepanjang Triwulan Pertama Tahun Anggaran 2013, seperti peristiwa penyerangan terhadap personel TNI di Papua, kasus penyerangan Polres Oku di Sumatera Selatan, serta kasus penyerangan LP Cebongan, merupakan evaluasi tersendiri yang perlu dicermati agar tidak mengurangi kapasitas dan kapabilitas TNI, dan tidak berulang kembali di masa mendatang.

Untuk itu, Panglima TNI meminta agar seluruh unsur pimpinan di jajaran TNI benar-benar mampu memberdayakan segala potensi. Mampu membaca perkembangan situasi dari masing-masing kesatuan berikut segala permasalahan yang dihadapi, sehingga dapat meningkatkan pemikiran prediktif, langkah antisipatif dan upaya konstruktif dalam rangka menjaga citra TNI. Mampu meningkatkan kesiapsiagaan kesatuan, profesionalitas prajurit dan kesejahteraan di lingkungan satuan masing-masing.

Sementara itu, Kapenrem 022/PT Mayor Caj Drs. Prinaldi menjelaskan, pada upacara bendera tersebut Kasrem 022/PT Letkol Arm Anton Irianto Popang, SH juga menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat Bintara dan Tamtama Makorem 022/PT. Diwakili Kasrem 022/PT, Danrem 022/PT mengucapan selamat kepada para prajurit yang mendapat kenaikan pangkat.

Danrem 022/PT berharap kenaikan pangkat ini dapat dijadikan pendorong dan pemberi semangat untuk mempersembahkan karya dan pengabdian lebih berkualitas dalam menghadapi tugas-tugas selanjutnya. Setiap prajurit harus mampu mengaktualisasikan makna pangkat yang disandang dan jabatan yang diemban saat ini secara benar. Baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan dimana pun berada, sehingga dalam sanubari tertanam suatu pemahaman dan sikap bahwa kenaikan pangkat hanya diberikan kepada prajurit yang berprestasi dan berhak menerimanya.

Adapun Bintara dan Tamtama Makorem 022/PT yang naik pangkat periode 1 April 2013 sebanyak 10 orang, yakni Pelda ke Peltu 2 orang, Serka ke Serma 2 orang, Serda ke Sertu 1 orang, Koptu ke Kopka 1 orang, Kopda ke Koptu 2 orang dan Pratu ke Praka 2 orang. Sedangkan untuk PNS 12 orang. Dua orang ke Golongan II/d, 3 orang ke Golongan II/c dan 7 orang ke Golongan II/b.