Rabu, 03 April 2013

Setelah Pensiun TNI Baru Boleh Berpolitik



02 April 2013 | 20:59 wib

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Komadan Kodim 0706 Temanggung, Letkol Inf Ganardyto Herry, mengatakan, anggota TNI baru bisa berkecimpung atau menggunakan hak pilihnya setelah purna tugas dari kedinasan TNI.

"Anggota Kodim Temanggung yang telah purna tugas atau pensiun dari kedinasan TNI AD, pada pemilukada 2013 dan Pemilu 2014 dipersilakan mengikuti dengan menggunakan hak pilih sebaik-baiknya dan tetap menjaga nama baik TNI AD,"katanya dalam upacara purna tugas anggota Kodim, Selasa (2/4).

Dandim menegaskan bahwa anggota TNI aktif dan PNS dilingkungkan Kodim 0706 diharuskan netral dalam Pemilukada baik pilgub Jateng maupun pilbub Temanggung. Hal itu sesuai pedoman buku putih (buku netralitas TNI). Namun, jika ada tentara aktif tidak netral maka akan mendapat sanksi tegas sesuai aturan militer.

Kepala Staf Kodim (Kasdim), Mayor Inf Hufron menjelaskan, ada titik rentan bagi TNI untuk dimanfaatkan peserta atau calon dalam pemilukada, terutama yang hampir memasuki masa pensiun. Maka dia mengimbau sekali lagi bagi anggotanya untuk tidak main-main dalam hal ini.

Bahkan tentara diminta untuk berperan aktif menjaga keamanan dan stabilitas di lingkungan masing-masing. Sementara itu dalam upacara purna tugas dinyatakan sedikitnya lima anggota Kodim per 1 April 2013 memasuki masa purna tugas dari kedinasan militer.

Mereka adalah Kapten Inf Sudiyono, Pelda Iswanto, Pelda Winarno, Pelda Heni Cahyono, dan Kopka Kahono.

"Atas nama satuan, kami mengucapkan terimakasih kepada lima anggota yang telah memasuki masa purna tugas. Selama menjalankan tugas mereka telah mendarmabaktikan dirinya sebagai TNI tanpa cela. Kami berharap setelah kembali ke masyarakat, tetap berjuang untuk negara,"tandasnya.