Selasa, 30 April 2013

Tak Ada Dana Perbaikan, Kantor Koramil Colomadu Rusak Parah



Senin, 29 April 2013 | 23:47 WIB

Karanganyar — Kantor Komando Rayon Militer (Korami)l 16 Colomadu, Karanganyar saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Hampir 90 persen bangunan milik TNI  AD ini rusak parah, bahkan banyak kayu yang sudah lapuk dan sebagian internit jabol karena kejatuhan atap.

Sudah sekitar 1 tahun terakhir, markas milik TNI AD di tingkat kecamatan ini mengalami kerusakan cukup parah. Para anggota TNI yang berdinas di tempat tersebut lebih sering duduk di teras daripada di dalam ruangan karena takut kejatuhan material bangunan. Kondisi bangunan semakin diperparah ketika bulan Maret lalu tower Radio Handy Talky juga roboh menimpa kantor yang sejak 17 tahun lalu itu belum pernah direnovasi.

Menurut Bintara Tata Usaha Dalam (BATUD) Koramil 16 Colomadu, Pelda Darsono, sebenarnya pihaknya telah mengajukan dana perbaikan ke KODIM 0727 Karanganyar, namun mendapat jawaban tidak ada anggaran perbaikan Kantor Koramil. Untuk memperbaiki bangunan militer yang berdiri di atas tanah 500 meter persegi ini, akhirnya 15 anggota TNI dan 2 PNS secara swadaya bertahap melakukan perbaikan sendiri dengan cara donatur ditambah bantuan warga sekitar yang simpatik.

“Memang bangunan sudah tua usuk dan reng sudah banyak yang lapuk. Sudah diajukan ke atasan tapi gak ada dananya. Kami melakukan perbaikan secara swadaya dan sebagian bantuan dar masyarakat,” jelas Darsono.

Darsono berharap, ada bantuan dari pihak lain sehingga revitalisasi bangunan yang baru sekitar 30 persen itu bisa selesai, sehingga para Anggota Koramil 16 Colomadu dapat bertugas dengan nyaman dan dapat melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan profesional.

Sementara untuk proses revitalisasi Kantor Koramil 13 Colomadu hingga tahap finishing diperkirakan masih membutuhkan anggaran sekitar Rp 50 juta. Sumber : www.timlo.net