Senin, 15 April 2013

TNI Akan Gelar Latgab TNI Tingkat Divisi Tahun 2013



http://www.merdeka.com/kabaranda/tni-akan-gelar-latgab-tni-tingkat-divisi-tahun-2013.html
TNI Akan Gelar Latgab TNI Tingkat Divisi Tahun 2013

Tentara NasionalIndonesia (TNI) akan menggelar Latihan Gabungan (Latgab) TNI Tingkat Divisitahun 2013. Hal ini ditandai dengan kegiatan Penataran Pelaku Latihan Poskoyang dibuka oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Marsdya TNI Daryatmo, S.IP selaku Direktur Latihan (Dirlat) Latgab TNI, bertempat diMarkas Divisi Infantri 1 Kostrad Cilodong, Bogor-Jawa Barat,Jum’at (12/4/2013).

PenataranPelaku Latihan Posko bertujuan agar para pelaku LatgabTNI tahun 2013 mendapat pencerahan dan pembekalan sebaik-baiknya,agar dalam pelaksanaan latihan tersebut dapat berjalandengan baik sesuai yang diharapkan. Pembekalan yang diberikan,antara lain tentang Operasi Gabungan, Operasi Udara Gabungan, Operasi Linud, Operasi Amfibi, Operasi Laut Gabungan, Penerapan Strategi Latihan Gabungan TNI, Materi Olah Yudha Latgab TNIdan Prosedur Administrasi Logistik Latgab TNI.

Dalam amanatnya Kasum TNI menyampaikan, bahwa untuk mengoptimalkan pelaksanaan Latihan Posko Latgab TNItahun 2013, perluadanya kegiatan briefing pelaku latihan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman antara penyelenggara dan pelaku latihan. Kegiatan briefing pelaku ini didalamnya juga terdapat pencerahan dari tim revisi operasi gabungan dan kampanye militer.Penyelenggaraan latihangabungan ditujukan, disamping untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional juga untuk



menguji doktrin-doktrin pertahanan masing-masing matrabaik dari aspek personel, materiil, perangkat lunak sertaalutsista, yang sewaktu-waktu siap digunakan untuk menghadapi berbagai bentuk ancaman yang mungkin akan timbul. “Latihan Posko Latgab TNI ini harus dilaksanakan secara sungguh-sungguhdan didesain serealistis mungkin sehingga benar-benar membawa manfaat untuk tujuan Latgab”, harapnya.

Lebih lanjut dikatakan,agar penyelenggaraan Geladi Posko Latgab TNIbenar-benar dapat efektif bagi upaya peningkatan profesionalitas TNIdalam pelaksanaan tugas pokoknya, maka skenario latihan harus dibuat serealistismungkin disesuaikan dengan prediksi operasimiliter yang paling mungkin terjadi dihadapkan dengan ancaman. Keberhasilan Geladi Posko Latgab TNI tidak terlepas dari peran penyelenggara dan pelaku Latgab.

Kasum TNI berpesan agar para pelaku latihandapat memanfaatkan kesempatan yang baik iniuntukbetul-betulmemahami materi pencerahan maupun semua briefing yang akan disampaikan oleh para Deputi Latihan yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam mendukung penyelenggaraan Latihan Gabungan TNI Tingkat Divisi tahun 2013.

Hadir pada acara tersebutPangkostrad selaku Pangkogab TNI, Wapang Kogab, Kas Kogab, Pangkogasgab, paraDansatgas, Perwira StafKogab, Kogasgab dan Kosatgas.