Senin, 08 April 2013

TNI Tegaskan Investigasi Cebongan Selesai



Minggu, 07 April 2013 | 17:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia menegaskan investigasi penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta, sudah selesai. "Sementara sudah selesai, langsung masuk penyidikan," kata Ketua Tim Investigasi TNI Angkatan Darat, Brigadir Jenderal Unggul K. Yudoyono kepada Tempo, Ahad, 7 April 2013.

Pernyataan Unggul menanggapi kemungkinan terlibatnya anggota TNI yang lain di luar sembilan orang yang sudah mengaku menyerang Lapas Cebongan. Sebelumnya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia menyatakan akan menelusuri keterlibatan atasan atau komandan para pelaku penyerangan yang berasal dari Komando Pasukan Khusus. Unggul enggan berkomentar banyak soal dugaan tersebut. "Perkiraan orang kan ya bisa-bisa saja," kata Unggul.

Kamis pekan lalu tim yang dipimpin Unggul menyatakan ada sembilan orang anggota Kopassus yang mengaku telah menyerang Lapas Cebongan. Penyerangan dilakukan atas dasar solidaritas pelaku terhadap Sersan Kepala Heru Santoso yang dibunuh empat orang di Hugo's Cafe, Yogyakarta, pada 19 Maret lalu. Berselang empat hari, empat orang pembunuh Santoso itu ditembak hingga tewas di Lapas Cebongan.