Senin, 29 April 2013

TNI-Unhas KKN Bersama



Penulis : Nasrullah Nara | Sabtu, 27 April 2013 | 18:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Dan Pusterad) Mayjen TNI Indra Hidayat menilai, sinergitas Kodam VII Wirabuana dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dalam melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) bersama sangat positif dan merupakan pertama terjadi di Indonesia.

''Mudah-mudahan ini dapat ditingkatkan ke seluruh Indonesia dalam bentuk KKN-Tentara Nasional Indonesia Masuk Desa (TNIMD),'' ujar Indra Hidayat ketika atas nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) meninjau kegiatan KKN Unhas-Kodam VII Wirabuana yang dirangkaikan dengan simulasi penyelamatan korban bencana banjir di Sungai Pangkajene, 55 km utara Kota Makassar, Sabtu (28/04/2013).

Informasi yang diterima Kompas, Sabtu sore, menyebutkan, simulasi yang mengerahkan satu unit helikopter TNI AD tersebut antara lain diikuti Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Muhammad Nizam, Rektor Unhas Idrus A Paturusi, Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid. Kegiatan ini merupakan salah satu mata acara yang dihelat mahasiswa KKN Unhas gelombang ke-84 yang bekerja sama dengan Kodam VII Wirabuana serta Pemkab Pangkep.

Ribuan warga memadati kedua sisi sungai Pangkep yang lebarnya 70 meter tersebut sejak pagi. Operasi penyelamatan korban bencana banjir ini diawali dengan kekalutan warga yang berusaha menyelamatkan diri. Mereka berlarian dengan berbagai kendaraan yang ada. Mulai dari becak motor, sepeda motor, mobil, hingga muncul bala bantuan dari mobil ambulans.