Jumat, 17 Mei 2013

21 Hari TNI Membangun Desa Tabur Lestari



Kamis, 16 Mei 2013 09:01 WIB

TRIBUNNEWS.COM, NUNUKAN - Tentara Nasional Indonesia melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-90 tahun 2013 selama 21 hari sejak 14 Mei, akan membangun di Desa Tabur Lestari, Kecamatan Seimenggaris, Kabupaten Nunukan.

150 personel TNI terlibat dalam kegiatan tersebut. Mereka berasal dari Kodim 0911 Nunukan, Yonif Batalyon 613 Raja Alam, Lanal Nunukan, Polri, unsur Pemkab Nunukan yang dibantu masyarakat sekitar.

Kegiatan itu dibuka dengan upacara pembukaan dilanjutkan dengan penanaman pohon. Hadir pada acara itu Danrem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambudi, Bupati Nunukan Basri, unsur pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Nunukan, Kasiops Rem Letkol Inf Waston Purba, Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK, toko masyarakat dan toko masyarakat.

Setelah penanaman pohon Danrem beserta rombongan melakukan peninjauan lokasi sasaran TMMD pekerjaan perbaikan badan jalan, rehab masjid, rehab gereja, pembuatan sarana mandi cuci kakus.

Kepala Staf Angkatan Darat selaku Penanggungjawab Operasional TMMD Jenderal TNI Promono Edhie Wibowo dalam sambutan yang dibacakan Gadang Pambudi mengatakan, program TMMD yang dilaksanakan secara rutin dua kali dalam setahun ini merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.

Proses perencanaan TMMD disusun dengan sistem bottom up planning yang melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat yang secara hierarkis diawali dengan musyawarah di tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, propinsi hingga tingkat pusat dan selanjutnya ditetapkan sasaran program TMMD.

"Kegiatan ini diprioritaskan untuk daerah tertinggal, terpencil, perbatasan, pulau-pulau kecil terdepan, perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan dan kumuh serta daerah lain yang terkena bencana," ujarnya.

Program TMMD ditujukan pada pembangunan sasaran fisik dan non fisik. Dalam pembangunan fisik ditujukan pada pembangunan berbagai sarana dan infrastruktur masyarakat di wilayah seperti pembangunan jalan baik pelebaran maupun pengerasan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan drainase, rehab rumah ibadah, rehab sekolah, rehan rumah tidak layak huni dan pembangunan balai desa serta sarana masyarakat lainnya.

Sasaran non fisik juga dimaksudkan untuk menggugah dan memupuk komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme dalam rangka memantapkan semangat bela negara yang sangat penting artinya bagi kepentingan pertahanan negara.

Tema TMMD 2013 "Melalui TNI Manunggal Membangun Desa, TNI bersama Polri, Kementerian/LPNK, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa Lainnya, Kita Tingkatkan Integritas Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dalam Rangka Mewujudkan Kedamaian dan Kesejahteraan Masyarakat di Pedesaan".