Kamis, 16 Mei 2013

Bhakti TNI di Kota Bandung Mendapat Respon Positif Warga



BANDUNG, pikiran-rakyat.com - Bhakti TNI yang direalisasikan dalam bentuk TMMK (TNI Manunggal Membangun Kelurahan) dan BSMSS (Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa) ternyata mendapat respon positif dari masyarakat karena langsung menyentuh. Bahkan beberapa masyarakat mengusulkan tidak setahun sekali dilakukan program tersebut tapi tiga bulan sekali.

"Memang banyak usulan kepada kami untuk setahun dua atau empat kali dilakukan. Ini memang sebagai respon masyarakat," kata Dandim 0618/BS Kota Bandung, Letkol Inf Ujang Sudrajat disela-sela acara penutupan TMMK BSMSS di Cigondewah Kaler Kecamatan Bandung Kulon, Rabu (15/5/13).

Selama kegiatan tersebut Kodim bersama pemkot Bandung berhasil melakukan rehab mesjid, rehab poskamling, perbaikan jalan dan drainase dan yang lainnya. Kemudian kegiatan non fisik melakukan KB Kes, penyuluhan narkoba dan siskamling.

"Sebelum melaksanakan program tersebut, pihak kodim mengkomunikasikan dengan masyarakat, lurah dan camat. Jadi program tersebut sesuai dengan keinginan masyarakat," katanya.

Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda merasa bangga karena secara konsisten kegiatan TMMK ini tidak pernah terputus dalam pelaksanaannya dari tahun ke tahun dan selalu membuahkan hasil yang baik. “Hal ini adalah bukti dari keperdulian TNI terhadap perbaikan nasib rakyat menuju kualitas hidup yang lebih baik lagi dan ini juga membuktikan bahwa TNI mampu menjamin sinergitas, kebersamaan serta kemitraan dengan masyarakat Kota Bandung,” ujar Ayi.

Menanggapi respon masyarakat, Ayi menyatakan bisa saja program tahunan ini ditambah anggarannya sehingga jumlah kegiatannya pun meningkat. "Anggaran sekarang untuk program ini Rp 2,5 miliar, bisa saja tahun depan ditingkatkan menjadi Rp 5 miliar," katanya.

Lebih lanjut Ayi menambahkan bahwa meskipun kegiatan telah ini berakhir tetapi hal ini merupakan sarana pembelajaran, penggalangan potensi warga serta dapat menjadi suatu katalis dalam menjalin kemitraan yang lebih erat dengan pihak-pihak terkait sehingga pada tujuan akhirnya akan memebentuk semangat kemandirian yang tumbuh pada setiap pribadi warga masyarakat untuk saling perduli sesama. (A-113/A-108)