Selasa, 07 Mei 2013

DPR: Waspada, Negara Sahabat Main Dua Kaki



Senin, 06 Mei 2013, 17:27 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dibukanya kantor Operasi Papua Merdeka (OPM) di Oxford, Inggris bukti terjadinya standar ganda yang dilakukan negara sahabat Indonesia.

Karenanya, Pemerintah Indonesia diminta harus mulai waspada. "Banyak negara sahabat kita bermain dua kaki," kata anggota Komisi I DPR, Tantowi Yahya kepada wartawan, Senin (6/5).

Dua kaki yang dimaksud Tantowi adalah perbedaan sikap yang dilakukan negara sahabat saat berhadapan dengan Indonesia. Secara formal misalnya, negara sahabat Indonesia mendukung NKRI, namun di sisi lain mereka membiarkan LSM, pers, bahkan bagian dari pemerintah mereka mencampuri urusan Indonesia. "Menggebuki kita," ujar anggota Fraksi Golkar DPR ini.

Pemerintah dan masyarakat Indonesia sudah sepatutnya waspada dengan gerakan-gerakan asing yang berpotensi memecah belah Indonesia. Hal ini agar negara sahabat tidak terus-menerus merasa asyik menerapkan politik dua kaki. "Kita harus waspada. Agar tidak terjadi lagi dikemudian hari," ujarnya.

Tantowi mendesak pemerintah Indonesia menyampaikan sikap keberatan kepada Pemerintah Inggris. Pemerintah juga diminta menjelaskan persoalan ini kepada masyarakat.