Rabu, 29 Mei 2013

Duet Gita-Pramono di Pilpres 2014

Pemilihan presiden (pilpres) baru akan digelar pertengahan tahun 2014. Namun, se­jumlah bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) sudah bermunculan.

Hasil survei dari sejumlah lembaga akhir-akhir ini menyebutkan, ada sekitar 40 tokoh yang berpeluang maju menjadi capres maupun cawapres. Jumlah ini bisa terus bertambah karena masih satu tahun lagi persiapan menuju pilpres.

Di antara mereka adalah Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal (TNI) Pramono Edhie Wibowo. Infor­masi yang diperoleh menyebutkan, ada skenario menduetkan kedua tokoh tersebut pada pilpres nanti. "Gita akan menjadi capres, sementara Pramono adalah cawapres," ujar sumber SP, Selasa (28/5).

Pasangan ini disebut-sebut telah mendapat restu dari Ketua Umum Partai Demokrat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pasalnya, Gita salah satu menteri kepercayaan SBY. Sedangkan, Pramono adalah adik ipar SBY.

"Gita akan didorong mengikuti konvensi Partai De­mokrat. Besar kemungkinan dia akan terpilih. Setelah terpilih dia akan menentukan wakilnya, dan pilihan jatuh pada Pramono," katanya.

Menurutnya, skenario tersebut sesuai dengan harap­an SBY, sebagaimana dikemukakan beberapa waktu la­lu. Pada waktu itu, SBY mengemukakan pandangannya, bahwa pasangan presiden dan wakil presiden setelah dirinya adalah dari sipil dan militer. Kombinasi itu diang­gap ideal agar bisa terus menjamin terciptanya kepemimpinan sipil di negara ini.

Ditanya mengenai reaksi internal Partai Demokrat terkait rencana pasangan tersebut, mengingat keduanya bukan kader partai, sumber itu menjelaskan, masalah itu akan diselesaikan SBY. Dia menjamin internal Demokrat tidak bergejolak. "Bahkan kader Demokrat akan menerima pasangan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, dalam berbagai kesempatan, Gita Wirjawan menyatakan kesiapannya mengikuti konvensi Partai Demokrat. Meski demikian, dia realistis melihat peluangnya kelak. "Peluang memang masih kecil, namun saya siap kalau diperkenankan dan dipertimbang­kan untuk maju sebagai capres," kata Gita dalam suatu kesempatan.


Gita pun mengaku sejauh ini belum ada persiapan untuk menjadi capres. Pasalnya, dia mengaku masih fokus sebagai menteri perdagangan. Selain itu dia juga disibukkan dengan jabatannya sebagai Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI). (R-14), Sumber Koran: Suara Pembaruan (28 Mei 2013/Selasa, Hal. 02)