Senin, 27 Mei 2013

HUT Ke-56, Kodam IX/Udayana Gelar Tabur Bunga



26 Mei 2013 | BP

Serangkaian HUT ke-56, jajaran Kodam IX/Udayana menggelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Tabanan, Jumat (24/5) lalu. Upacara yang dipimpin Irdam IX/Udayana, Kolonel Inf. Ratman Riyadi, ini diikuti sedikitnya 460 peserta. Tabur bunga ini diikuti para perwira menengah, perwira pertama, Persit Kartika Candra Kirana, Kowad, Bintara, Tamtama, dan para PNS di jajaran Kodam IX/Udayana.

Upacara diawali dengan apel lalu peletakan karangan bunga di tugu monumen TMP oleh Irdam IX/Udayana. Prosesi dilanjutkan tabur bunga ke seluruh pusara para pahlawan yang berjejar rapi, totalnya mencapai 873 makam. Seluruh personel berbaris rapi di seluruh pusara, lalu menabur bunga secara serempak hingga ke seluruh pusara.

Kapendam IX/Udayana, Kol. Arm. Wing Handoko, S.T., menjelaskan, tabur bunga menjadi bagian rangkain HUT ke-56 Kodam IX/Udayana. Kegiatan ini, katanya, untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dari penjajahan.

Jasa pahlawan ini juga menjadi cikal bakal berdirinya Kodam IX/Udayana, yaitu sejarah perjuangan pasukan Ciung Wanara di bawah komando I Gusti Ngurah Rai yang tergabung dalam pasukan Soenda Kecil. ''Tabur bunga menjadi kewajiban prajurit TNI, terutama serangkaian HUT ke-56 Kodam IX/Udayana,'' kata Wing Handoko usai tabur bunga.

Selain tabur bunga, kata Wing Handoko, HUT Kodam dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, donor darah, karya bakti TNI, pekan olahraga umum dan militer, simakrama ke panti jompo dan fun bike gembira dengan berbagai hadiah. Ada juga syukuran bersama Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya yang digelar Senin (27/5) besok.

''Puncak acara akan diisi dengan pesta rakyat di lapangan Puputan,'' jelasnya. Meski sedang berulang tahun, kata Wing Handoko, seluruh personel Kodam tetap siaga membantu pengamanan tahapan Pilgub Bali. Menurutnya, seluruh personel TNI tetap mengamankan wilayah masing-masing selama Pilgub Bali. Sumber : www.balipost.co.id