Rabu, 01 Mei 2013

Kodim 0702 Buka Jalan Tembus Ponjen-Karangjambu



30 April 2013 | 15:16 wib

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Semula tak ada yang membayangkan akan ada akses jalan yang menghubungkan Desa Ponjen, Kecamatan Karanganyar-Desa/Kecamatan Karangjambu. Sebab wilayahnya masih berupa hutan dengan bukit terjal, jurang dan berbatu cadas.

Namun berkat kegigihan anggota Kodim 0702 Purbalingga bersama masyarakat, separuh akses jalan tembus itu sudah bisa dibuka. Dari rencana panjang jalan 4,5 km, akses 2,5 km di antaranya sudah bisa dilewati.

Akses jalan sepanjang 2,5 km itu digarap dalam karya bakti tahap I dan II. Masih tersisa 2 kilometer lagi yang akan digarap pada tahun 2013 ini. Namun meski sudah dibuka, jalan tembus itu belum bisa dilewati mobil.

Dandim 0702 Letkol Arm Jati Bambang Priyambodo mengungkapkan, pembukaan jalan baru itu menghadapi tantangan yang berat. Dari medan yang berbukit terjal, naik-turun, bebatuan besar, cuaca, dan alam lain.

''Kami terpaksa meledakkan batu cadas besar karena menutupi jalan. Tidak hanya sekali tapi ratusan kali karena jumlah batunya banyak. Karena memang medan yang dihadapi bukit berbatu yang keras,'' kata Dandim.

Dandim mengungkapkan, pada tahap I dibuka jalan sepanjang 1.300 meter. Kemudian tahap II sepanjang 1.200 meter. Lebar jalan yang dibuka 7 meter. Diharapkan sisa jalan yang tinggal 2 km bisa diselesaikan tahun ini.

''Dengan telah terbukanya jalan ini nanti maka jarak tempuh Karangjambu-Ponjen yang semula sekitar 26 km memutar lewat Karangreja, sekarang bisa ditempuh hanya 8 km. Ini menghemat waktu dan menghemat BBM,'' ujar Dandim.