Selasa, 28 Mei 2013

Kunjungi Alutsita Kodim, Tumbuhkan Semangat Bela Negara

SEMARANG, suaramerdeka.com - Ratusan siswa SMA melakukan kunjungan di Kodim 0733/BS Semarang, Senin (27/5). Mereka yang terdiri dari perwakilan 15 SMA dan sederajat di kota Semarang disambut Dandim 0733/BS Semarang, Letkol Kav Dicky Armunantho Mulkan yang kemudian memandu siswa untuk menyaksikan sejumlah alutsista yang dimiliki Kodim. Tak hanya itu, 2 Tank AMX 13 buatan Perancis milik Yonkav-2 Tank Ambarawa yang saat itu disiagakan untuk pengamanan Pemilihan Gubernur Jateng juga menjadi pusat perhatian siswa yang berkunjung. 

Dandim yang sebelumnya menjabat Komandan  Yonkav-2 Tank  pun dengan sigap memandu mereka untuk memberikan penjelasan secara teknis fungsi dan sejarah kendaraan tempur yang diparkir di halaman depan kodim tersebut. Ilham Maulana, siswa kelas X SMA Negeri 5 Semarang merasa beruntung bisa mengikuti kunjungan tersebut. Ia yang sebelumnya mengikuti seminar tentang Penghayatan Ideologi Negara dan Falsafah Pancasila di Balaikota tersebut mengaku mendapatkan pengetahuan baru dari penjelasan personil TNI di Kodim. “Jadi tahu banyak tentang mekanik senjata baik laras panjang maupun pistol karena semua dijelaskan secara gambling. Yah bangga sekali, apalagi juga diberikan kesempatan langsung naik tank serta berfoto di depan atau diatasnya,” bangganya. Siswi SMA Advant, Natalia Panjaitan juga mengaku semakin bangga dengan TNI yang telah mengabdi untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Dengan memanfaatkan sejumlah alutsista yang ada, TNI telah gagah berani dalam menjalankan pengabdiannya menjaga keutuhan NKRI dengan sifat kesatria dan rela berkorban,” ungkapnya. Kebanggaan Natalia juga semakin dirasakan sejak melihat sejumlah alutsista senjata yang ternyata juga buatan dalam negeri / Pindad seperti SS1 dan P1. Tak puas mendapatkan wawasan tentang alutsista TNI, mereka pun diberi kesempatan 'menjajal' untuk menaiki tank maupaun bergaya dengan senjata-senjata laras panjang maupun pistol.


Melihat ulah narsis tersebut, siswa lainnya pun dengan sigap mengabadikan menggunakan ponsel. Suasana pun menjadi gayeng saat sejumlah personil TNI yang menjaga alutsista bak artis menjadi rebutan untuk berfoto bersama mereka. Dandim 0733/BS Semarang, Letkol Kav Dicky Armunantho Mulkan mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan yang digelar di Balaikota Semarang, seminar tentang Penghayatan Ideologi Negara dan Falsafah Pancasila yang digelar bekerjasama dengan Kesbanlinmaspol Kota Semarang. Dandim juga menambahkan, kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan pembinaan territorial (Binter) yang dilakukan Kodim sesuai arahan Pangdam IV/Diponegoro Mayjend TNI Sunindyo.