Rabu, 29 Mei 2013

Masih Ketat, Pengamanan Pasca Pemilihan



29 Mei 2013 | 00:37 wib

KUDUS, suaramerdeka.com - Pemilihan Bupati (Pilbup) Kudus 2013 yang berbarengan dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah, mendapatkan pengamanan ekstra ketat. Selain dari Polres dan Kodim Kota Keretek, bantuan pengamanan juga didatangkan dari Ambarawa.

Bantuan pengamanan itu datang dari Batalyon Zeni Tempur 4/Tanpa Kawandya yang bermarkas di Banyubiru, Ambarawa. Secara bergantian sejak Sabtu (25/6) atau sehari menjelang pemungutan suara dilakukan, aparat TNI ini telah bertugas di sini.

"Untuk tugas pengaman Pilgub Jawa Tengah sekaligus Pilbup Kudus 2013," ujar Pratu Ali Murdani kepada Suara Merdeka saat istirahat siang bersama teman-temannya di musholla dekat kantor KPU Kudus sembari menunggu waktu shalat dhuhur.

Di Kudus, para prajurit muda itu bertugas membantu pengamanan mulai dari menjelang pelaksanaan pemungutan suara, hingga batas waktu yang belum bisa dipastikan. "Sampai ada pencabutan (dari markas-Red)," tambahnya.

Serda Sholeh AF, Babinsa dari Koramil Kota Kudus yang menjadi pemandu para prajurit bantuan dari Batalyon Zeni Tempur 4/Tanpa Kawandya Banyubiru menjelaskan, mereka ditugaskan pengamanan obyek-obyek vital menjelang dan pasca pemungutan suara.

"Ini tugas pengamanan dari Kodam IV/Diponegoro. Pengamanan dilakukan di obyek-obyek vital, khususnya kantor KPU hingga ada pencabutan. Tetapi untuk pencabutan ini juga melihat situasi yang berkembang," ujar Sholeh.