Kamis, 23 Mei 2013

Moeldoko Tepat Jadi KSAD


Semarang,   Anggota Ko­misi I DPR Tjahjo Kumolo me­nilai tepat Letnan Jenderal TNI Moeldoko menggantikan Jen­deral TNI Pramono Edhie Wibowo sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat, karena pengalaman operasi di berbagai daerah dan teritorialnya cukup berjenjang.

"Dari sisi pengalaman dan penugasan, posisi tersebut te­pat diberikan kepada Letjen TNI Moeldoko. Pengalaman operasi di berbagai daerah dan teritorialnya cukup berjenjang ditambah pengalaman sebagai Wakil Gubernur Lemhanas," kata Tjahjo yang juga Sekreta­ris Jenderal DPP PDI Perjuangan kepada Antara di Semarang, Rabu (22/5) pagi.

Berdasarkan undangan yang dikeluarkan Markas Besar Ang­katan Darat yang diterima SH, serah terima jabatan dari KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo kepada Moeldoko akan dilakukan pada Kamis (23/5).

Di sisi lain, Tjahjo menilai Letjen TNI Moeldoko se­mula menjabat sebagai Wakil KSAD adalah orang yang bisa diajak bicara dan berdiskusi dengan siapa pun. Tjahjo me­ngemukakan hal itu terkait pelantikan Letnan Jenderal TNI Moeldoko sebagai KSAD oleh Presiden Susilo Bambang Yud­hoyono di Istana Negara yang dijadwalkan pada hari ini.

"Saya optimistis Letjen TNI Moeldoko mampu mengemban amanat ini meneruskan Jende­ral TNI Pramono Edhie Wibo­wo, membenahi jajaran matra TNI Angkatan Darat untuk le­bih profesional dalam upaya mempertahankan  kedaulatan teritorial NKRI,” katanya.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat dari rakyat untuk rakyat Indonesia, harus terus diimplementasikan demi membela kepentingan bangsa dan negara. "Saya yakin Letjen TNI Moeldoko mampu," ujarnya optimistis.

Di lain pihak, Tjahjo mene­kankan, kemampuan profesio­nal prajurit TNI AD, khususnya sebagai matra TNI terbesar, dan modernisasi alutsista secara te­rencana, serta yang penting pe­ningkatan kesejahteraan pra­jurit mutlak dilakukan secara terencana. "Ini tugas KSAD Letjen TNI Moeldoko," katanya menegaskan.

Sebagai prajurit sapta marga harus berani menentukan sikap siapa kawan siapa lawan terha­dap upaya-upaya negara mana pun, atau kekuatan mana pun yang mencoba merongrong wi­layah kedaulatan teritorial Indonesia.

"Selamat bertugas kepada Letjen TNI Moeldoko sebagai KSAD baru,” demikian Tjahjo Kumolo, wakil rakyat asal Daerah Pemilihan Jawa Tengah 1. (Ant), Sumber Koran: Sinar Harapan (22 Mei 2013/Rabu, Hal. 03)