Rabu, 01 Mei 2013

Pangdam I/BB Tutup Lomba Paskibra UMA



30 April, 2013 | Filed under: Medan | Posted by: Redaksi

MEDAN (Berita): Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewijk F Paulus diwakili Danyon Kaveleri 6/Serbu Letkol Kav Setiawan Arismunandar menutup Kompetisi Akbar Paskibra Satuan (Kapas) Goes to Campus UMA 2013 memerebutkan Piala Pangdam I/BB dan Rektor Universitas Medan Area (UMA) Tahun 2013, Minggu [28/4].

Dalam amanat Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Lodewijk F Paulus menyampaikan apresiasi terhadap UMA yang telah menyelenggarakan Paskibraka yang diikuti para peserta lomba dengan penuh semangat dan sportivitas yang tinggi.

“Hal ini telah menunjukkan kalian merupakan generasi muda yang mempunyai jiwa nasionalisme dan patriotisme yang cukup tinggi, kesemuanya itu telah kalian buktikan melalui perjuangan kalian untuk meraih prestasi yang terbaik pada event perlombaan ini,” kata Letkol Kav Setiawan

Disamping itu juga kegiatan perlombaan yang baru saja diikuti ini dapat kalian jadikan sebagai salah satu pembentukan disiplin dan wahana untuk berinteraksi serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam konteks menciptakan rasa cinta terhadap tanah air di kalangan pelajar dan generasi muda.

Dia juga mengucapkan selamat dan rasa bangga kepada para peserta lomba, atas prestasi yang telah diraih dalam lomba Paskibra Goes To Campus Universitas Medan Area Piala Pangdam I/Bukit Barisan dan Rektor UMA tahun 2013.

"Bagi peserta lomba yang telah berhasil meraih prestasi yang terbaik pada ajang lomba ini, janganlah kalian cepat merasa puas, teruslah kalian belajar dan berlatih. Sedangkan bagi peserta lomba yang belum berhasil, saya harapkan teruslah kalian belajar dan berlatih secara tekun dan semangat, agar di tahun mendatang kalian dapat meraih prestasi yang terbaik dalam mengharumkan almamater kalian,” katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada rektor Universitas Medan Area beserta staf dan segenap pendukung lomba Paskibra ini, atas jerih payah yang telah diperbuat demi suksesnya kegiatan lomba ini.

Dekan Fakultas Teknik UMA, Ir Hj Haniza, MT, sebelumnya mengatakan kegiatan itu digelar Technic Creative Community (TC2) FT UMA bekerjasama dengan Ikatan Paskibra Medan (IPM). Di Medan, kata Haniza, ada puluhan satuan Paskbra tingkat Seolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

Tentu mereka perlu wadah untuk mendemonstrasikan kemampuan mereka di bidang baris-berbaris, pengibaran bendera dan seni paskibra lainnya. "Karena itu, Paskibra Gos to Campus sudah menjadi agenda rutin Fakultas Teknik UMA sejak tiga tahun lalu. Ajang lomba ini kami harapkan dapat meningkatkan semangat para satuan paskibra di Medan dan sekitarnya untuk meningkatkan kompetensi mereka," kata Haniza.

Humas UMA Ir Asmah Indrawaty MP menyebutkan kegiatan berlangsung selama tiga hari, 26-28 April diikuti pelajar SMA dan SMP sederajat se-Kota Medan, Langkat dan Deli Serdang berlangsung di Gelanggang Serba Guna UMA kampus I Jalan Kolam Medan Estate.

Ketua Panitia Ardiansyah Lubis dalam kesempatan itu melaporkan, Kapas Gos to Campus UMA 2013 diikuti 36 satuan paskibra, terdiri dari 21 satuan paskibra tingkat SMA termasuk pondok pesantren, 15 satuan paskibra tingkat SMP, dan satu utusan perguruan tinggi.

Ardiansyah menyebutkan lomba mempertandingkan empat kategori, yakni lomba keterampilan baris berbaris (LKBB), variasi formasi, tari komando paskibra, dan lomba pengibaran bendera. “Lomba dinilai dewan juri yang berasal dari Yonkav 06/Serbu, Armed, dan IPM,” tandas pengurus IPM ini.

Koordinator Panitia Pelaksana Abdul Halim menambahkan, lomba paskibra tahun ini memperebutkan Piala Wali Kota Medan, Piala Komandan Batalyon Kaveleri (Danyonkav) 06/Serbu Medan, dan Piala Bergilir Ikatan Pasibra Medan (IPM). Selain memperoleh piala, para pemenang juga mendapat hadiah tropi dan uang pembinaan. Sumber : beritasore.com