Rabu, 29 Mei 2013

Perlengkapan Satgas Kizi TNI Diinspeksi Tim COE



Editor: Mohammad Ridwan | Rabu, 29 Mei 2013 00:56 WIB

LENSAINDONESIA.COM: Tim COE (Contingent Owned Equipment) MONUSCO (Mission de I’Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) kembali menginspeksi alat dan perlengkapan Satgas Kizi TNI Konga XX-J/MONUSCO, Senin (27/5/2013) kemarin waktu setempat. Kedatangan tim inspeksi diterima langsung oleh Komandan Satgas Letkol Czi Irfan Siddiq beserta perwira staf di Bumi Nusantara Camp.

Berbeda dengan inspeksi pertama pada bulan Februari lalu yang diketuai oleh Mr. James Boima (Senegal), Tim COE kali ini diketuai oleh Mr. Solomon Shock (Nigeria). Kegiatan ini bertujuan untuk memeriksa kondisi alat dan perlengkapan Satgas yang sudah digunakan dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, terhitung mulai bulan Maret sampai dengan Mei 2013.

Rangkaian inspeksi diawali dengan paparan singkat Perwira Seksi Logistik Kapten Czi Hanif Tupen tentang kondisi peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh Satgas, dilanjutkan dengan pemeriksaan alat perlengkapan yang ada di Bumi Nusantara Camp maupun di lokasi pekerjaan.

Obyek yang diinspeksi meliputi pemeriksaan perlengkapan perorangan (self-sustainment) dan beberapa alat utama Satgas (major equipment). Setelah menerima paparan, selanjutnya tim COE bergegas untuk memeriksa alat dan perlengkapan Satgas yang berada di camp maupun yang ada di lokasi pekerjaan.

Bertepatan dengan kegiatan tersebut, Satgas Kizi TNI baru menerima beberapa jenis peralatan baru yang datang dari Indonesia, diantaranya, prime mover, excavator, backhoe loader, dan generator set. Hal ini mendapat tanggapan yang positif dari tim pemeriksa. Dihadapkan dengan pekerjaan yang semakin padat, alat yang baru ini diharapkan mampu membantu pekerjaan yang dihadapi oleh Satgas.

Disamping menerima Alberzi yang baru, pada COE inspection yang kedua ini Satgas Kizi TNI juga telah dapat meluluskan beberapa jenis perlengkapan baru yang dianggap layak untuk mendapatkan reimbursment dari United Nations. Perlengkapan baru tersebut adalah internet access (melalui V-Sat yang dibeli dari Bentley Walker, Inggris), basic fire fighting, dan field defence storage yang semuanya masuk dalam kategori self – sustainment.

Dari hasil pemeriksaan terhadap masing-masing bagian, keseluruhan peralatan dan perlengkapan yang dimiliki Satgas Kizi TNI mendapatkan kategori lulus sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang itu berjalan dengan lancar dan tertib. Diakhir acara tersebut, tim beserta seluruh perwira melaksanakan makan siang bersama sebelum mereka meninggalkan Bumi Nusantara Camp menuju kediamannya di Logbase Dungu.