Jumat, 17 Mei 2013

Polisi-TNI Bubarkan Paksa Massa Konvoi Bendera Bulan Bintang



Penulis : Kontributor Kompas TV, Raja Umar | Kamis, 16 Mei 2013 | 18:37 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Ratusan massa dari Kabupaten Aceh Jaya kembali melakukan konvoi bendera bulan bintang. Mereka tiba di Kabupaten Aceh Barat, Kamis (16/5/2013) siang sekitar pukul 12.00 WIB.

Massa pendukung bendera Aceh datang dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan dan mengarak bendera bulan bintang. Namun, kedatangan massa langsung dihadang oleh aparat TNI dan polisi setempat karena aksi mereka tidak memiliki izin.

Kapolres Aceh Barat AKBP Faisa Rivai mengatakan, ratusan massa dari Kabupaten Aceh Jaya yang melakukan konvoi bendera bulan bintang di Kabupaten Aceh Barat tidak memiliki izin sehingga massa pendukung bendera bulan bintang itu terpaksa dibubarkan secara paksa.

"Tidak boleh melakukan konvoi bendera bulan bintang di wilayah Aceh Barat karena tidak ada izin di sini. Kalau mereka mau lakukan konvoi di Aceh Jaya, silakan saja, mau dari pagi sampai malam pun silakan. Itu pun kalau di Aceh Jaya diizinkan," tegasnya.

Saat massa tiba di depan Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, personel gabungan TNI-Polri langsung menghadang mereka dan melepaskan bendera bulan bintang yang diikatkan di kendaraan.

Selain itu, petugas juga mengamankan sepucuk senjata air softgun dan senjata tajam (parang) yang ditemukan saat dilakukan penggeledahan di mobil milik massa konvoi bendera. Kini kedua orang pemilik senjata beserta barang buktinya sudah diamankan di Mapolres Aceh Barat.