Kamis, 23 Mei 2013

TNI Siapkan 14 SSK Amankan Pilgub NTT



Rabu, 22 Mei 2013 | 12:27 WIB

TEMPO.CO, Kupang - Komandan Korem 161 Wirasakti Kupang, Brigadir Jendral Ferdinand Setiawan, mengatakan pihaknya menyiagakan personel sebanyak 14 satuan setingkat kompi (SSK) untuk membantu kepolisian mengamankan pelaksanaan pemilihan Gubernur (pilgub) Nusa Tenggara Timur putaran kedua, Kamis, 23 Mei 2013. "Kami hanya membantu kepolisian," katanya kepada wartawan di Kupang, Rabu, 22 Mei 2013.

Sebanyak 14 SSK itu, menurut dia, disiagakan di komando distrik militer (kodim) yang ada di seluruh NTT. Dua SSK di Markas Korem dan sisanya dari Yonif 743 dan Yonif 744.

Saat ini, katanya, TNI juga sedang siaga satu menjelang hari menjelang hari H pencoblosan dan tetap memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pemilihan Gubernur NTT sehingga wilayah kepulauan ini tetap kondusif.

Dia berharap pemilihan ini bisa berjalan aman, tertib dan lancar. Dia juga meminta masyarakat untuk mengawasi netralitas TNI dalam pilgub NTT. Karena sesuai aturan, TNI tidak boleh berpolitik praktis. Apalagi ikut-ikutan mengarahkan masyarakat memilih calon tertentu. "Saya minta masyarakat awasi. Jika ada anggota TNI, terutama Babinsa yang terlibat dalam politik praktis, akan kita tindak tegas," katanya.

Pemilihan ini akan diikuti dua pasangan calon, yakni Frans Lebu Raya-Beni Litelnony dari PDIP dan Esthon Foenay-Paul Tallo dari Gerindra.