Jumat, 14 Juni 2013

28 Ribu Personel TNI dan Warga Gelar Aksi Bersih-bersih di Jateng

Jumat, 14/06/2013 15:19 WIB
Angling Adhitya Purbaya - detikNews

Semarang - Sebanyak 28.151 warga Jawa Tengah dari berbagai lapisan masyarakat termasuk TNI dan Polri hari ini, Jumat (14/6/2013) melakukan bersih-bersih serentak di wilayah Kodam IV Diponegoro.

Kegiatan bertajuk "Gerakan Diponegoro Bersih" itu merupakan tindak lanjut Gerakan Indonesia Bersih yang dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kodam IV Diponegoro itu. Ia menganggap sangat perlu adanya sinergi antara aparat TNI dan masyarakat untuk mewujudkan persatuan bangsa.

"Senjata paling ampuh adalah tentara menyatu dengan rakyat. Dan hal itu diwujudkan Pangdam IV Diponegoro dengan kegiatan ini. Semoga bisa berkelanjutan dilaksanakan terus menerus," kata Bibit dalam apel "Diponegoro Bersih" di Lapangan Simpanglima Semarang, Jumat (14/6/2013).

"Hari ini 28.151 orang di empat wilayah Korem," imbuhnya.

Kapendam IV Diponegoro Kolonel Arh Ramses Lumban Tobing mengatakan kegiatan tersebut diharapkan bisa dilakukan secara berkelanjutan sebagai gerakan Jumat Bersih. Tujuannya, agar seluruh kota di Jateng dan DI Yogyakarta besih dan menyatukan masyarakat dan TNI untuk menciptakan kemanunggalan.

Pihak yang mengambil bagian dalam kegiatan tersebut antara lain anggota TNI, Polri, pelajar, mahasiswa, ormas, pemda, dan lapisan masyarakat. Untuk anggota TNI sendiri dikerahkan 4.433 orang anggota. "Semoga ini bisa diikuti masyarakat agar jadi budaya," pungkas Kolonel Arh Ramses. (alg/try)