Rabu, 19 Juni 2013

Ada demo BBM dan tamu negara, 6 meriam TNI mejeng depan Istana


Reporter : Eko Prasetya
Senin, 17 Juni 2013 12:54:42

Hari ini, depan Istana Merdeka akan kebanjiran demonstran menolak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Selain demo, Istana juga kedatangan tamu negara, Perdana Menteri Papua Nugini, Peter Charles Paire O'Neill beserta istri Lynda May Babao.

Peter dan istrinya akan tiba di Istana sekitar pukul 15.30 WIB. Kedatangan keduanya akan langsung disambut oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Seperti tamu negara lainnya, kedatangan Peter juga akan disambut dengan tembakan meriam. Sebanyak enam meriam pun telah disiapkan.

Enam meriam itu milik TNI AD dari kesatuan Yonarmed 7/106 GS. Meriam berwarna hijau itu berada di dalam pagar Monas dan mocongnya menghadap ke arah Istana Merdeka.

"Ini nanti ditembakkan untuk upacara penyambutan tamu negara, tidak ada hubungannya sama demo," ujar salah satu anggota TNI AD, Letnan Satu Trydadi saat ditemui merdeka.com, Senin (17/6).

Trydadi menambahkan, meriam tersebut tidak berisi peluru. Jadi, nanti hanya akan ditembakkan dalam kondisi hampa. "Waktu penembakan nanti koordinasi dengan Paspampers," katanya.

Hingga pukul 12.30 WIB demonstran belum berdatangan di depan Istana Merdeka. Hujan yang tadi sempat berhenti kini mulai turun kembali. [has]