Kamis, 20 Juni 2013

Bupati Siak Buka Bakti Sosial TNI-KB Lubuk Dalam


Rabu, 19 Juni 2013 06:45

Riauterkini - LUBUK DALAM - Bupati siak Syamsuar, Selasa (18/613),menghadiri kegiatan bakti sosial TNI Keluarga Berencana di Kecamatan Lubuk Dalam. Turut Hadir Dandim 0303 Bengkalis, Sekretaris Daerah (Sekda) Siak Amzar, dan para Pejabat di jajaran lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak.

Dalam sambutannya, Bupati Syamsuar mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial TNI -KB kesehatan ini merupakan kegiatan rutin berskala nasional. Dimana untuk tingkat Provinsi Riau, telah di laksanakan di kota Dumai pada beberapa hari lalu. Dan hal ini merupakan tindak lanjut dari MOU yang di lakukan oleh kepala BKKBN pusat dengan TNI dalam pelaksanaan program KB Nasional.

MOU tersebut, bertujuan untuk mengintegrasikan kegiatan program KB dengan kegiatan pengabdian masyarakat oleh TNI. Selain itu juga dapat mengatasi kekurangan personil pengelola KB atau tenaga penyuluh KB di lapangan.

"Untuk kita ketahui,di kabupaten Siak saat ini tenaga penyuluh KB hanya berjumlah 16 orang dan di bantu oleh 8 orang tenaga lapangan honorer. Jumlah tenaga yang ternatas ini akan membina 14 kecamatan dan 131 Desa dan kelurahan,artinya saat ini kita masih kekurangan tenaga penyuluh KB PNS sebanyak 50 orang lagi,karena itu tenaga penyuluh lapangan ini setiap tahunnya akan kita tambah," terang Bupati Syamsuar.

Ditambahkan Bupati Syamsuar, dengan adanya dukungan dari TNI melalui program revitalisasi program KB, diharapkan permasalahan yang di hadapi dapat teratasi dengan dukungan dan peran dari anggota babinsa dan operasi manunggal TNI-KB kesehatan.

"Apalagi TNI selama ini kita kenal sebagai institusi yang selalu memegang teguh keputusan dan komitmen yang telah di buat,kita menyadari bahwa program KB tidak hanya di membangun keluarga agar menjadi hidupnya lebih bahagia dan sejahtera,tetapi juga membangun penduduk negeri ini agar terkendali kuantitasnya serta meningkat kualitasnya menuju bangsa yang kokoh,kuat dan tangguh" ujar Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Syamsuar sangat mendukung dan memberikan apresiasi terhadap apa yang di lakukan jajaran TNI dengan ikut serta peduli terhadap masalah keluarga berencana dan kependudukan.

"Ini menunjukkan, betapa pentingnya pengendalian jumlah penduduk,karena masalah kependudukan akan memberikan pengaruh kepada seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara" jelas Bupati. (vila)