Selasa, 11 Juni 2013

Calon Panglima TNI Baru dari Kepala Staf Angkatan


Oleh: Ajat M Fajar
nasional - Senin, 10 Juni 2013 | 19:12 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dalam waktu dekat ini akan memasuki masa pensiun. Atas rencana ini Presiden akan melantik calon Panglima TNI baru sebelum Pemilu 2014.

Agus mengatakan, calon penggantinya yang akan dilantik sebagai Panglima TNI adalah perwira tinggi yang saat ini duduk sebagai kepala staf angkatan. "Pengganti Panglima

TNI adalah yang menjabat sebagai kepala staf angkatan," ujar Agus di Gedung DPR, Senayan, Senin (10/6/2013).

Dari posisi sekarang ini ada tiga perwira tinggi TNI yang duduk sebagai kepala staf angkatan. Mereka adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Moeldoko, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Ida Bagus Putu, dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Madya Marsetio.

Ketika disinggung siapa yang paling berpeluang mengantikannya sebagai Panglima TNI, Agus mengaku tiga kepala staf angkatan yang sekarang ini memiliki peluang besar. "Tiga-tiganya memenuhi syarat, yang menentukan presiden," ucapnya.

Menurut Agus, posisi kepala staf angkatan memiliki kemampuan dan peluang menjadi Panglima TNI, namun keputusan akhirnya berada di tangan Presiden SBY sebagai panglima tertinggi TNI. "Menurut saya semuanya cocok, karena sudah menjadi kepala staf angkatan, menurut saya cocok," tandasnya. [mvi]