Rabu, 12 Juni 2013

Helikopter Milik TNI AD Jatuh di Semarang


Penulis : Kontributor Semarang, Puji Utami
Selasa, 11 Juni 2013 | 12:14 WIB
 
SEMARANG, KOMPAS.com — Sebuah helikopter jenis Hughes 300C milik Penerbangan TNI Angkatan Darat mengalami kecelakaan di Lanumad Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (11/6/2013). Kecelakaan diketahui terjadi sekitar pukul 08.30 WIB.

Kasi Pam Lanumad Ahmad Yani Semarang Mayor Tony Safrudin mengatakan, terdapat dua personel di dalamnya, yakni seorang instruktur dan siswa. Saat itu pesawat terbang digunakan untuk latihan rutin.

Dua personel diketahui mengalami luka ringan dan langsung mendapatkan perawatan. Sementara itu, pesawat rusak berat dan tidak bisa diterbangkan lagi. Pesawat jatuh di taxiway saat mau kembali ke hanggar untuk pergantian siswa.

Sebelumnya helikopter telah terbang dan berputar-putar. Tidak terjadi ledakan saat helikopter jatuh. "Saat itu sedang terbang rendah," ungkap Tony.

Saat helikopter jatuh, cuaca memang sedang mendung, walaupun belum hujan. Hujan baru turun beberapa saat kemudian. Menurut Tony, helikopter tersebut bukan helikopter lama dan masih layak terbang.

Tony menambahkan, saat ini pemeriksaan internal masih dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut. Meskipun demikian, investigasi juga akan dilakukan nanti dari Jakarta.

Sementara itu, Manajer Operasional Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang Dijan Kinarjudi mengatakan, kecelakaan itu tidak mengganggu jadwal operasional pesawat komersial. "Tidak terganggu sama sekali, dan saya juga tidak bisa berkomentar banyak karena bukan wilayah kami," katanya.

Editor : Kistyarini