Senin, 17 Juni 2013

Isu Globalisasi Pengaruhi Penurunan Mental Ideologi


BANDUNG,   Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja menyatakan isu-isu globalisasi memengaruhi terhadap menu­runnya implementasi nilai dan mental ideologi dan kejuangan. Padahal kedua hal tersebut merupakan nilai-nilai fundamen­tal dan menjadi kesepakatan dasar bangsa Indonesia berupa empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Demikian disampaikan Pang­dam III/Siliwangi saat membu­ka acara Sarasehan Kejuangan Kodam III/Siliwangi yang dilaksanakan di Aula Manunggal Denma Kodam III/Siliwangi Jalan Kalimantan No 14 Ban­dung, Sabtu (15/6 2013). Acara tersebut diikuti 250 peserta.

Pangdam mengatakan kegiatan sarasehan kejuangan memiliki makna dan nilai yang sangat strategis dalam rangka mencari jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang bagaimana menanamkan ke­sadaran dan membentengi seti­ap diri warga negara Indonesia dalam menyaring serta menangkal berbagai ideologi yang masuk dan memengaruhi kehidupan masyarakat, teruta­ma yang bertentangan dengan ideologi Pancasila sebagai dasar negara.

Diungkapkan Sonny, kristal­isasi dari penguatan karakter bangsa akan bermuara pada ter­bangunnya "militansi" kompo­nen bangsa dalam menghadapi berbagai permasalahan pem­bangunan nasional ke depan.

"Setiap warga negara dapat dikatakan militan apabila mam­pu memenuhi empat standar karakter atau kualifikasi, yaitu memiliki keunggulan moral, watak pantang menyerah, memiliki sifat rela berkorban, serta senantiasa bersinergi den­gan berbagai komponen bangsa yang lainnya." ujar Pangdam.

Pangdam mengharapkan Sarasehan Kejuangan dapat menjadi wadah aspirasi dalam merumuskan dan menemukan berbagai solusi dalam menanamkan mental ideologi dan nilai kejuangan serta mampu meningkatkan integritas, seman­gat nasionalisme dan motivasi juang dalam hidup berbangsa dan bernegara. (A-113)***, Sumber Koran: Kompas (15 Juni 2013/Sabtu, Hal. 07)