Selasa, 04 Juni 2013

Keluarga Desak TNI Ungkap Kasus Pembunuhan Rido


Nugroho Setyabudi - Okezone Jum'at, 31 Mei 2013 15:53 wib
SEMARANG - Keluarga Rido Hehanusa (34), mendesak aparat TNI untuk mengungkap kasus pembunuhan yang menimpa pemuda warga Saparua, Ambon, Maluku, tersebut. Mereka menilai, banyak ketidakjelasan yang belum diungkap terkait kematian Rido.

Wakil Ketua Ikatan Keluarga Maluku Jawa Tengah, Denny Tulaseket, meminta Pangdam IV/Diponegoro menjelaskan kronologi penganiayaan yang diduga melibatkan prajurit TNI.

"Sudah tentu kami minta penjelasan yang transparan atas kasus ini. Kami juga dengan tegas meminta pihak TNI untuk menyelesaikan kasus ini," kata Denny, Jumat (31/5/2013).

Denny menuntut kejelasan penyebab penganiayaan hingga korban dikirim ke Kamar Mayat RSUD Kariadi, pada Kamis malam.

"Kok tiba-tiba Rido sudah menjadi mayat, lalu dikirim ke Kariadi. Bagaimana kejadiannya, siapa yang bertanggung jawab harus dijelaskan," imbuhnya.

Rido bukanlah orang yang tidak jelas, korban merupakan seorang karyawan sebuah pabrik garmen."Korban bukan preman, dia karyawan pabrik, tapi kenapa kok diperlakukan seperti itu," heran Denny.

Diberitakan sebelumnya, Rido dikirim oleh ambulans milik RST Bhakti Wira Tamtama, ke kamar mayat RSUD Kariadi, pada Kamis Malam sekitar pukul 23.00 WIB. Diduga Rido tewas akibat dianiaya oleh oknum TNI.

Penganiayaan berawal dari perselisihan antara Rido dengan beberapa orang yang diduga adalah anggota TNI, pada Kamis dini hari. Tanpa alasan yang jelas, Rido kemudian dibawa dua oknum TNI menggunakan taksi dari E-Plaza ke suatu tempat.